Derap Perwira

Greenhouse di Kodim 0716/Demak Menjadi Viral

DEMAK – HKNews.info : Keberadaan Greenhouse perkebunan hijau metode hidroponik di Kodim 0716/Demak menjadi viral. Saat ini sedang ramai diperbincangkan dan banyak mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan masyarakat. Banyak rombongan Pelajar, Mahasiswa, ASN serta masyarakat umum yang sengaja datang ke Kodim 0716/Demak untuk melihat dan belajar mengelola perkebunan sayur dengan media hidroponik.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz mengatakan, bahwa pembudidayaan tanaman hidroponik di komplek Kodim 0716/Demak ini dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti pralon, elbow dan gelas bekas air mineral yang dibentuk sedemikian rupa.

“Keberadaan perkebunan hijau di Kodim 0716/Demak ini bisa menjadi terobosan dan menciptakan image baru bagi Kodim-kodim lainnya yang berada di Wilayah Perkotaan. Metode hidroponik ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat umum, untuk menanam sayur-sayuran di pelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas,” kata Dandim di Greenhouse Makodim Demak, Jum’at (16/4/2021).

Dijelaskan jenis tanaman yang di tanam dengan metode hidroponik di Green House Kodim 0716/Demak yakni jenis sayuran selada, bayam, bayam brazil, Kangkung, daun mint serta pengembangan tanaman cabe.

Metode hidroponik Adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, hidroponik hugs sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air terbatas terlebih saat musim kemarau.

Dandim Demak menambahkan, semangat untuk berkebun dengan media hidroponik, karena cara budidaya yang simpel dan tidak memakan banyak tempat. Terbukti berbagai sayuran yang ditanam dengan media hidroponik bisa tumbuh subur dan tentunya sayuran yang dihasilkan lebih sehat dan segar karena merupakan sayuran organik.

Dandim mengucapkan terimakasih atas usaha Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk berkebun dengan media hidroponik ini. Sedangkan hasil panen dari perkebunan sayur Greenhouse dibagikan kepada warga di sekitar Kodim 0716/Demak.

“Tidak hanya sektor pertanian, bahwa TNI AD juga menyiapkan seluruh kekuatan sampai kesatuan bawah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di masa pandemi. Dengan dilandasi semangat Prajurit, Kami terus mendukung Pemerintah dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional,” pungkas Dandim.(had).

Related Articles

Back to top button