Jateng Raya

Sinergitas PWI Jawa Tengah dengan PT Semen Gresik Gelar UKW di Rembang

REMBANG – HKNews.info – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) menggandeng PT Semen Gresik Rembang, di Hotel Pollos Kabupaten Rembang, Kamis (11/11/2021).

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana dalam sambutannya mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan tahun 2021 adalah yang ke-4 kalinya, tiga kali merupakan sinergi PT Semen Gresik dengan PWI Jawa Tengah.

“UKW tahun 2021 ini adalah yang ke-4 kalinya, tiga diantaranya merupakan sinergi PT Semen Gresik dengan PWI Jateng,” tutur Gatot.

Menurut Gatot, wartawan adalah merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai penjaga dan penyampai aspirasi masyarakat sehingga harus memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjalankan fungsi tersebut secara maksimal.

“Kami berharap kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin dalam bentuk kegiatan dan program-program yang sinergi dengan media yang tergabung dalam wadah PWI Jawa Tengah,” harap Gatot.

Sementara itu, Amir Machmud NS Ketua PWI Jawa Tengah sangat bersyukur dan bahagia dengan dapat diselenggarakannya UKW yang ke-30 pada tahun 2021.

“Organisasi profesi ini membuktikan kecintaan ekspresi pemayungan terhadap kebutuhan anggota yang selama ini menjadi puncaknya, yaitu uji kompetensi wartawan” ucap Amir.

Adapun kegiatan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh PWI Jawa Tengah dari 11-12 November 2021ini diikuti oleh 24 wartawan mulai dari jenjang Muda, Madya dan Utama.

Ditegaskan Amir, uji kompetensi wartawan merupakan pengenakan mahkota profesi yang luar biasa kepada anggota PWI. Dalam hal ini diyakini oleh Amir bahwa mahkota profesionalitas wartawan tidak hanya dimaknai sebagai satu keping pemahaman tentang kompetensi teknis, namun harus ada kepingan lainnya yaitu uji kompetensi etis wartawan.

“Jadi betapa penting UKW bagi wartawan sebagai penyertaan kemahkotaan wartawan yang betul-betul diakui sebagai wartawan yang profesional. Dan tidak ada wartawan profesional tanpa mahkota teknis dan mahkota etis,” tegas Amir.

Melalui PWI, Amir mendorong wartawan untuk memperbaiki diri, memperbaiki kinerja dan meningkatkan profesionalitasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo memberikan apresiasi kepada PWI Jateng atas terselenggaranya kegiatan UKW. Menurutnya kegiatan ini merupakan hasil kerja keras para pengurus PWI di Jawa Tengah.

“Atas nama PWI Pusat kami menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada PWI Jawa Tengah yang telah berhasil secara intensif menggelar Uji Kompetensi Wartawan, dan kali ini sudah ke-30 kalinya. Sebuah kerja keras PWI Jawa Tengah yang patut diapresiasi dalam melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan,” ucap Sasongko.

Sementara itu Wakil Bupati Rembang, Gus Hanies dalam sambutannya mengatakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jawa Tengah adalah merupakan wahana meningkatkan eksistensi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik di era kecepatan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Wartawan adalah merupakan pilar demokrasi, yang sangat dibutuhkan masyarakat dengan kecepatan informasi yang disajikan tidak liar, namun pemberitaan yang berimbang. Oleh sebab itulah UKW ini menjadi kebutuhan bagi wartawan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya,” tutur Gus Hanies panggilan akrab Wakil Bupati Rembang.

Menurutnya, wartawan mempunyai fungsi kontrol sosial yang sangat penting di era digital dan milenial. Untuk itulah dengan mengikuti UKW diharapkan wartawan menjadi lebih kompeten dan jangan sampai profesi wartawan diciderai dengan istilah wartawan bodrek. (had).

Related Articles

Back to top button