Halo Surabaya

Semarakkan Hari Santri 2023, PCNU Surabaya Gelar Berbagai Lomba, Kenang Masa Perjuangan

SURABAYA – HKNews.info : Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya menggelar berbagai kegiatan dalam menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Dimana kegiatan tersebut, didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Panitia Penyelenggara HSN Tahun 2023, Leo Akbar Arifin mengatakan, bahwa tujuan diadakan perlombaan dalam rangkaian HSN yakni, sebagai penghormatan kepada para santri yang ikut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa.

“Maksud diadakan perlombaan yaitu agar Hari Santri tidak hanya dirasakan para santri dan lingkungan pesantren. Namun juga dirasakan masyarakat pada umumnya,” kata Leo Akbar Arifin saat dihubungi pada Jumat (20/10/2023).

Leo juga menjelaskan, bahwa ada banyak perlombaan bertema islami yang digelar di Kota Surabaya dalam menyemarakkan HSN 2023. “Di antaranya, lomba dai, lomba kaligrafi, mini soccer, futsal dan layang-layang,” ujar Leo.

Untuk lomba mini soccer, Leo menyebut, para peserta berasal dari perwakilan Majelis Wakil Cabang (MWC), Badan Otonom (Banom) dan lembaga Nahdlatul Ulama (NU) se Kota Surabaya. Sedangkan jumlah peserta yang ikut dalam mini soccer sekitar 32 tim. “Lomba mini soccer dilaksanakan pada tanggal 14 -15 Oktober 2023 di Lapangan Kebonsari,” paparnya.

Kemudian untuk lomba futsal, peserta berasal dari para pelajar SMP se Kota Surabaya. Lomba futsal diikuti sebanyak 30 tim atau peserta. “Lomba Futsal dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2023 di Lapangan Futsal Kunang-kunang Rungkut,” terangnya.

Selain gelaran mini soccer dan futsal, PCNU Surabaya juga mengadakan lomba layang-layang hias tema NU untuk menyemarakkan Hari Santri Nasional Tahun 2023. Lomba layang-layang hias tersebut, digelar pada tanggal 29 Oktober 2023 di East Coast Pakuwon City Surabaya.

“Lomba layang-layang ini Insyaallah diikuti sekitar 60 peserta. Para peserta merupakan anggota MWC NU dengan usia di atas 33 tahun,” ujar Leo.

Selain berbagai kegiatan perlombaan, Leo mengungkapkan, bahwa dalam menyemarakkan HSN 2023 juga diadakan jalan sehat dan upacara. “Selain perlombaan, akan ada juga jalan sehat dan upacara. Serta tanggal 10 November akan ada juga resepsi puncak Hari Santri Nasional,” pungkasnya. (yok)

 

Related Articles

Back to top button