Halo SurabayaPendidikan

Gelar Festival Band Pelajar PDAM, Diwarnai Peluncuran Air Mineral Produk Surabaya.

SURABAYA – HKNews.info : PDAM Surya Sembada Kota Surabaya meluncurkan inovasi baru dalam mengisi rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 731, berupa event Festival Musik Surabaya Hebat, memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya. Tak disangka animonya luar biasa dari para pelajar kota Surabaya.

Seperti diungkap Arief Wisnu Cahyono, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, jumlah peserta seluruhnya sebelum mencapai final terhimpun 86 grup band, dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA se-Surabaya. Dari proses seleksi, hanya 5 grup band yang berhasil mencapai Grand Final.

Acara Grand Final Festival Musik Surabaya Hebat dalam rangkaian HJKS ke 731, digelar di Jatim Expo, Jl. Ahmad Yani, Surabaya, pada Sabtu 18 Mei 2024, dengan bintang tamu Fabio Asher, dan dihadiri Wali Kota Eri Cahyadi untuk penyerahan piala secara langsung kepada Juara Festibal Band Pelajar PDAM Surya Sembada Surabaya

“Kegiatan ini sebetulnya mewadahi kegiatan ekstra kulikulair di masing – masing sekolah dalam lomba tingkat kota. Ini CSR dari PDAM lalu kita kembalikan ke Pemkot Surabaya. Karena PDAM Surya Sembada Surabaya juga peduli pada bakbat – bakat siswa,” jelas Arief Wisnu Cahyono, seraya berharap event ini menjadi agenda tahunan di Surabaya, sehingga bisa memunculkan pemuda – pemudi berbakat musik dari Surabaya menjadi musisi nasional, seperti musisi – musisi nasional asal Surabaya saat ini, diantaranya Ari Laso dan Ahmad Dani.

Istimewanya, pada event Grand Final Festival Band Pelajar Piala Wali Kota Surabaya di Jatim Expo, ini diwarnai peluncuran air segar kemasan produk Surabaya oleh Wali Kota Eri Cahyadi. Air kemasan berlabel “Hero” ini diharapkan menjadi salah satu pendukung program Padat Karya dari Pemkot Surabaya, seperti produk paving dan jahit.

“Ini minuman air segar memang produk surabaya, akan kita pasarkan, dan semoga menjadi salah satu padat karya di Surabaya. Jadi padat karya itu ada produksi paving, ada penjahit dan lainnya, dan sekarang minuman segar ini kita siapkan juga untuk padat karya. Setelah ini dilounching, segera kita bentuk agen – agen yang dari UMKM – UMKM untuk pemasarannya, baik di pemerintah kota maupun sekolah – sekolah akan memakai minuman produk Surabaya ini, selain itu juga akan kita pasarkan ke hotel – hotel bekerja sama dengan pihak hotel, karena membeli minuman segar ini sama dengan ikut menghilangkan kemiskinan di kota Surabaya,” papar Wali Kota Eri Cahyadi, kepada wartawan.

Sementara itu, terkait Festival Band Pelajar besutan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, ini Wali Kota Eri menuturkan, bahwa Pemerintah Kota Surabaya berkolaborasi dengan BUMD untuk menggerakkan dan memacu anak – anak muda di kota Surabaya.

“Apa kelebihannya, apa keinginannya, kita munculkan sehingga kelak anak – anak muda ini ikut mengisi pembangunan di Kota Surabaya. Kita akan menuju ke generasi emas, oleh karena itu kita siapkan pemuda – pemuda surabaya untuk berani mengeksplore apa yang dia miliki,” katanya.

Wali Kota Eri juga menyatakan festival ini bakal menjadi agenda tahunan. Menurutnya, dari ajang festival musik yang pesertanya dari siswa – siswa SD, SMP dan SMA se Surabaya, ini diyakini akan memunculkan talenta anak – anak muda Surabaya untuk kelak akan berkompetisi di tingkat nasional. “Dari pemenang festival ini, apabila nanti ada event nasional akan kita ikutkan. Jadi kita suport,” tandasnya, seraya berterima kasih kepada PDAM Kota Surabaya yang telah mengadakan festival band pelajar, ini.

Pihak PDAM Kota Surabaya sendiri dalam proses penjaringannya, dimulai sejak 1 April sampai dengan 7 Mei 2024. Para peminat lomba band pelajar diminta mengirimkan 2 video lagu yaitu 1 lagu bebas dan 1 lagu cover jingle PDAM. Peserta yang lolos audisi online ini diundang untuk audisi offline di Gedung PDAM Surya Sembada, Jl Prof Dr Moestopo pada hari Minggu, 12 Mei 2024 lalu dengan Dewan Juri: Ari Bimo Sakti (MS Komersial dan Hubungan Pelanggan PDAM), Rozano Sasranegara (Musisi Profesional), dan Ario Wirawan (Praktisi Musik).

Hasilnya 15 band lolos dari tingkat SD s.d. SMA. Finalis Band Tingkat SD: SDN Ketabang 1; SD Medokan Ayu II (2 band); SD Muhammadiyah 4 (2 band). Tingkat SMP: SMP Al Azhar 13 Pakuwon; SMP Negeri 1; SMP Kristen Petra 3; SMP Negeri 19; SMP Negeri 29. Tingkat SMA: SMAN 9; SMAN 1; SMAN 2; SMA Kristen Petra 2; SMA Trimurti. Dari ke-15 band itu dipilih Juara I,II,III dan Juara Harapan I,II mulai dari Tingkat SD, SMP dan SMA. Selain itu juga ada band favorit pilihan netizen. (yok).

Related Articles

Back to top button