Halo Surabaya

BSW Berprestasi, Berbagi Ilmu Kelola Sampah Secara Kreatif ke RW Tetangga 

SURABAYA – HKNews.info : Tumpukan – tumpukan sampah yang terpilah – pilah terserak ditata di lorong kampung RT.03 RW.04 Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, pada Minggu pagi (25/2/2024). Tampak ibu – ibu  pengurus BSW (Bank Sampah Wani), dibantu Ketua RT setempat bersama warganya, pagi itu sibuk dalam kegiatan pengelolaan sampah secara kreatif dan menghasilkan.

Dari kiri : Wakil Ketua BSW Ibu Nining, Ketua BSW Ibu Denik, Bendahara Ibu Shinta, dan Ketua RT 03 Pak Ali.

Sejak meningkatnya kegiatan pengalolaan sampah yang digelorakan kelompok Bank Sampah Wani, kampung ini kian kesohor sebagai “Kampung Edukasi dan Swakelola Sampah”. Tak hanya sekedar label belaka, namun beberapa prestasi dalam kreatifitasnya mengelola sampah, telah diraih BSW RT.03 RW.04 Kelurahan Tanjung Perak.

Antara lain BSW berhasil meraih Trophy dan Piagam Penghargaan, sebagai Juara 4 dalam Lomba Bank Sampah Kota Surabaya Tahun 2023.

“Ya… itu lomba bank sampah pada tahun 2023 yang diadakan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Dan BSW meraih Juara 4. Dari awal kami ikuti lomba tersebut hingga tahap verifikasi memang hanya ada empat pengurus inti BSW yang terjun langsung berlomba. Sempat ada kekhawatiran bila kami gagal meraih juara, akan berdampak melunturkan semangat warga kami di kampung. Namun bersyukur akhirnya kami meraih Juara 4 dalam lomba tersebut,” tutur Ibu Denik selaku Ketua BSW, didampingi Ibu Shinta selaku Bendahara BSW, seraya menunjukkan Trophy dan Penghargaan sebagai Juara 4.

Kegiatan pemilahan sampah oleh BSW dan warga RT.03 RW.04 Tanjung Perak.

Diakui Denik dan pengurus BSW lainnya, keberhasilan itu berkat dukungan segenap warga RT.03 RW.04 Kelurahan Tanjung Perak, yang tak putus – putusnya berinovasi dalam mengelola sampah warga, serta berbagi ilmu dan ketrampilan pengelolaan sampah kepada sesama pengurus kampung lainnya. Tidak hanya itu, dalam kreatifitasnya BSW pun disuport oleh pihak BUMN, dalam hal ini Pelindo Regional III, yang sangat mendukung kegiatan mereka.

Seperti pada pagi itu, dua orang pengurus RW.09 Kalimas Barat, Kelurahan Krembangan Utara, datang untuk turut belajar pengelolaan sampah. “Jadi di sini kami belajar bagaimana memilih dan memilah sampah, sampai bisa menghasilkan keuntungan. Kesempatan baik ini tentu tidak kami sia – siakan. Apalagi kami diijinkan datang lagi untuk mempelajari

Edukasi kelola sampah oleh Ketua BSW kepada pengurus RW.09 Kalimas Barat.

nya sampai berhasil,” kata Hadi, salah seorang pengurus RW.09 Kalimas Barat.

Di sisi lain, Ketua RT.03 RW.04 Kelurahan Tanjung Perak, Ali, mengaku bangga di kampung yang dipimpinnya kini telah memiliki BSW yang berprestasi.

“Bersyukur sekali, Bank Sampah Wani yang ada di kampung kami ini baru saja meraih Juara 4 dalam lomba yang diadakan Pemerintah Kota Surabaya. Hal itu menjadikan semangat semua warga untuk memilah sampah plastik maupun organik yang lain. Perlu kita sampaikan kepada warga, bahwa pengelolaan sampah itu penting untuk generasi kita ke depan,” kata Ali, seraya menambahkan, sekarang warga RT di wilayah RW.04 Tanjung Perak banyak yang menjadi nasabah di BSW. (yok)

Related Articles

Back to top button