HeadlineNasional

Staf Khusus Presiden RI Apresiasi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Surabaya

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyambut hangat kunjungan dari Asisten dan Pembantu Asisten Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Joko Widodo, Diaz Hendropriyono di rumah dinasnya, Jalan Sedap Malam, Jumat (12/11/2021). Saat audiensi dengan stafsus, Wali Kota Eri didampingi lima orang Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam pertemuan itu, Wali Kota Eri menceritakan banyak hal kepada Stafsus Presiden, Diaz. Mulai dari soal penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, vaksinasi, pencegahan stunting hingga kolaborasi antar kepala daerah di Jawa Timur.

“Ini (level 1) bisa tercapai karena kerja sama kita semua. Mulai dari Forkopimda Surabaya, Kepala OPD, dan seluruh masyarakat Kota Surabaya. Sehingga kami bisa mencapai PPKM level 1,” kata Wali Kota Eri.

Bukan hanya bercerita soal capaian vaksinasi, Wali Kota Eri juga menjelaskan soal adanya kolaborasi dengan kepala daerah lain untuk membangkitkan perekonomian. Seperti halnya kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar beberapa hari lalu. Menurutnya, kolaborasi ini bukan sekadar untuk menggerakkan ekonomi, akan tetapi kerja sama itu juga untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama kepala daerah.

“Seperti kemarin kita membantu Kota Batu dan Gresik, kita sempat kirim alat berat untuk evakuasi dan mengatasi bencana alam. Dari hal-hal seperti ini kami sesama kepala daerah akan lebih erat, selain itu dampaknya juga ke warga Surabaya. Agar kota ini terhindar dari bencana,” ujar Wali Kota Eri.

Terakhir, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Stafsus Diaz di kediamannya. Wali Kota Eri berharap, Pemerintah Pusat bisa terus memberi masukan dan saran serta dukungan agar Kota Surabaya menjadi lebih lagi ke depannya.

“Saya ingin Pemerintah Pusat tetap membimbing Kota Surabaya, saling sharing lah. Karena semakin banyak sharing dengan banyak orang akan membuat kami semakin baik,” katanya.

Sementara itu, Asisten dan Pembantu Asisten (Stafsus) Presiden RI Joko Widodo, Diaz Hendropriyono mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan Wali Kota Eri. Selain bersilaturahmi, Stafsus Diaz juga menyampaikan soal keinginan Pemerintah Pusat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Tadi kita berbicara mengenai potensi daerah dan apa saja yang bisa kita sinergikan dengan pusat. Harapan kami ke depannya bisa berkolaborasi, membuat Indonesia khususnya Kota Surabaya menjadi lebih maju. Apa yang bisa kita sinergikan, nanti kita sinergikan,” kata Stafsus Diaz.

Stafsus Diaz juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Eri dalam hal penanganan pandemi di Kota Surabaya, yang kini berhasil mencapai PPKM level 1.

“Sepertinya setiap provinsi harus ada wali kota seperti Pak Eri, menjadi provokator yang baik dan saling membantu bersama dengan kota/kabupaten lainnya. Karena Pak Wali Kota ini adalah salah satu kepala daerah terbaik di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button