Jateng Raya

Antusias Masyarakat Datangi Gerai Vaksinasi Presisi di Mapolda Jateng

SEMARANG – HKNews.info : Antusias masyarakat berbondong-bondong mendatangi Gerai Vaksinasi Presisi Polri di Mapolda jateng dalam rangka mensukseskan program vaksinasi pemerintah guna percepatan penanggulangan Covid-19.

Dengan meningkatnya volume pendaftar untuk menerima vaksin jenis Sinovac di Halaman Mapolda Jateng, sejumlah personil terus mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tidak terjadi claster baru.

Dari keterangan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, didampingi Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy selaku panitia pelaksana mengatakan, untuk di Kota Semarang sendiri gerai Vaksinasi Presisi Polri ada dua lokasi, yaitu di Polrestabes Semarang, dan Mapolda Jateng.

“Gerai Vaksinasi Polri ini tidak mengganggu vaksinasi yang ada di Puskesmas-puskesmas, ini intinya akselerasi atau percepatan untuk mencapai target 1 juta dosis vaksin perhari,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan proses vaksinasi di Halaman Mapolda Jateng, Rabu (30/06/2021).

Untuk di Kota Semarang sendiri menurut Kapolda Jateng, ditargetkan dalam sehari mencapai 10 – 20 ribu dosis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

Selanjutnya, di Polrestabes Semarang sendiri total vaksin yang disediakan ada sekitar lebih dari 10 ribu dosis vaksin dan yang sudah berjalan sekitar 6-7 ribu dosis vaksin, sedangkan sisanya tinggal 4500 dosis yang ada.

Program vaksin gratis tersebut bisa dimanfaatkan warga masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya hingga 2 Juli 2021.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, vaksin tersebut diberikan secara gratis bagi masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Selain itu, gerai vaksin presisi juga berlaku untuk seluruh elemen masyarakat tanpa syarat domisili. Dengan kata lain, warga yang beralamat di luar Kota Semarang dipersilakan datang untuk mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat yang belum vaksin silahkan datang, cukup bawa KTP saja. KTP se-Indonesia,” katanya.

Menurut Kapolda, gerai presisi didirikan sebagai upaya mempertahankan kemampuan vaksinasi sehari satu juta demi terwujudnya herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19.

Polri sendiri telah mewujudkan program sehari satu juta vaksin pada 26 Juni 2021 lalu. Hal itu sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75, yakni, “Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

“Gerai vaksin presisi ini, sebagai upaya Polri dalam mempertahankan kemampuan vaksinasi 1 juta perhari,” pungkas Kapolda.(had).

Related Articles

Back to top button