Nasional

Turut Membangun Negeri Bersama FWLJ – PWI

Visi - Misi FWLJ dan Kepengurusannya 

SEMARANG – HKNews.info : FWLJ (Forum Wartawan Lokal Jateng) berdiri 1 Februari 2021 lalu, meski baru terbentuk diharapkan bisa menjadi wadah wartawan di Jateng untuk bersama-sama berperan dalam ikut serta mencerdaskan bangsa melalui pemberitaan yang berimbang.

Sejumlah program kerja telah di siapkan, dengan mengawali debutnya, FWLJ menggandeng PWI Jateng mengadakan kegiatan orientasi Wartawan yang diikuti puluhan wartawan media online dan cetak se-Jateng.

Terpisah Ketua FWLJ Adi Setijawan, SH menyampaikan, tujuan dibangunnya FWLJ untuk mengakomodir para wartawan yang baru maupun lama bergabung di dunia jurnalistik, sekaligus perlu di ketahui Forum ini bukan mau berpaling dari organisasi lain.

“Disini juga tempat kita semua mempererat tali silaturrahmi untuk ikut serta memajukan dan membangun bersama Jawa Tengah dengan peran kita masing-masing,” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh insan Pers yang ada di Jateng tetap peka terhadap kondisi di lingkungan masing-masing sesuai salah satu fungsi profesi wartawan yakni fungsi kontrol.

”Intinya kita juga sama-sama belajar sampai ke titik tujuan kita dengan baik. Mari kita bangun bangsa ini sesuai kemampuan dan profesi kita,” pungkasnya.

Apa FWLJ itu ? Adi menjelaskan bahwa FWLJ adalah :

1. FWLJ adalah Forum Jurnalis sebagai mitra untuk wilayah Jateng.

2. FWLJ adalah forum Jurnalis independent yang mempunyai Visi & Misi jelas yang cinta NKRI & berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.

3. Anggota FWLJ terdiri dari jurnalis yang berkomitmen, bermartabat, berdedikasi tinggi dan siap menjaga nama baik FWLJ beserta mitranya.

4. Seorang jurnalis FWLJ selalu taat dan patuh menjalankan Visi dan Misi FWLJ Setia kepada Pancasila, UUD 45 dan NKRI.

5. Seorang jurnalis FWLJ selalu menjaga aturan forum FWLJ dan kode etik jurnalistik dalam bertugas.

Adapun Visi Misi FWLJ adalah :

VISInya Menjadikan Jurnalis FORUM WARTAWAN LOKAL JATENG Sebagai forum Jurnalis media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan berita.

MISInya :

1. Melahirkan jurnalis yang profesional sesuai dengan undang-undang pokok pers nomor 40 tahun 1999.

2. Membangun Soliditas dan kebersamaan sesama anggota jurnalis FWLJ.

3. Menjadikan anggota jurnalis FWLJ yang aktif dalam Pemberitaan (Terutama Kemitraan).

4. Mengembangkan segala potensi dari setiap anggota sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki terutama bidang kejurnalistikan dan berorganisasi.

5. Menjadi Jurnalis yang menginformasikan, mensosialisasi kebijakan serta program pemerintah, baik lokal, Provinsi serta Nasional.

Tentunya sebagai Forum wartawan yang mempunyai Visi-Misi, FWLJ juga sudah menyiapkan program kerjanya baik program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Begitu juga formasi kepengurusan sudah terbentuk yang mana mempunyai fungsi yang masing-masing berkaitan antara bidang satu dengan bidang yang lainya untuk bersama-sama mencapai visi yang sudah ditetapkan dengan menjalankan misi yang sudah terbentuk.

Struktur Kepengurusan FWLJ :

KETUA : ADI SETIAJAWAN, SH (Jejakkasus/Detikkasus)

WAKIL KETUA I : SYAELENDRA (Investigasibhayangkara.com)

WAKIL KETUA II : A. HADI WIBOWO (HKNews.info)

SEKRETARIS : ABDUL SAKUR/ABSA (Suarabaru.com)

BENDAHARA : MUALIM (Memo Jateng)

HUMAS :

1. HENDARTO WIDI UTOMO (Painews.id)

2. ASHADI : (Radarpostnasional.com)

3. AWANG WIJAYA : (Metropos.id)

4. PURNOMO : (Lintashukumindonesia.com)

Selanjutnya kedepan akan menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan Forum Wartawan Lokal Jateng dengan mempertimbangkan bidang-bidang lainnya.(had)

Related Articles

Back to top button