Jateng Raya

Kapolda Jawa Tengah Launching Aplikasi BTS 19 Dan “Polisine Inyong” Polresta Banyumas

BANYUMAS – HKNews.info : Bertempat di Hotel Java Haritage Purwokerto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Lutfi, S.H., S.St., M.K., launching aplikasi Banyumas Tangguh 19 (BTS 19) dan Polisine Inyong Polresta Banyumas, Rabu (7/4/2021) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh, PJU Polda Jateng, Ka SPN Polda Jateng, Kapolresta Banyumas, Danrem 071/WK, Bupati Banyumas, Dandim 0701/Banyumas, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Kapolres Eks Polwil Banyumas, Wakapolresta Banyumas, Rektor PTN/PTS di Kabupaten Banyumas, Dan Yon 405/SK, perwakilan Perbankan di Kabupaten Banyumas, Ketua MUI Kabupaten Banyumas, Ketua FKUB, Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, PJU Polresta Banyumas dan tamu undangan lainnya.

Kaporesta Banyumas Kombes Pol. M. Firman L. Hakim, S.H., S.I.K., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita ketahui bersama, saat ini masih berlangsung pendemi Covid-19 yang merupakan bencana non alam dimana pengaruhnya dapat dirasakan secara global, regional maupun nasional serta berdampak terhadap terganggunya stabilitas ekonomi, sosial budaya serta keamanan.

Sebagaimana menindaklanjuti Commander Wish ke-5 Kapolda Jateng, yaitu dukung percepatan penanganan Covid-19, Polresta Banyumas, Kodim 0701 serta Pemda Kabupaten Banyumas telah melakukan upaya-upaya dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional di wilayah Kabupaten Banyumas dengan pembentukan Kampung Siaga Candi.

“Tujuan dari Kampung Siaga Candi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan menggerakkan warga kampung untuk bergotong royong bekerja sama dalam upaya pencegahan Covid-19, pemulihan ekonomi, menjaga kamtibmas yang kondusif serta tangguh menghadapi bencana,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolresta Banyumas mengatakan sejalan dengan program prioritas Kapolri ke-7, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19 dan program prioritas Kapolri ke-11 peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, Polresta Banyumas berkomitmen mewujudkan pelayanan masyarakat yang mudah dan berbasis TI, berupa aplikasi Banyumas Tangguh 19 dan Polisine Inyong Polresta Banyumas.

“Aplikasi Banyumas Tangguh 19 adalah layanan terintegrasi yang digunakan oleh masyarakat dan Satgas Covid-19 untuk memperoleh laporan data kesehatan masyarakat, memantau mobilitas serta mempermudah penegakan protokol kesehatan di Kabupaten Banyumas. Manfaat dari Aplikasi Banyumas Tangguh 19 untuk memaksimalkan penanganan bagi masyarakat yang bergejala Covid-19 oleh petugas kesehatan,” terangnya.

“Semoga aplikasi ini dapat berjalan dan bermanfaat khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19, pemulihan ekonomi serta terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat dengan adanya kemudahan dalam mendapatkan layanan Kepolisian seperti laporan kehilangan, laporan pengaduan dan SKCK melalui aplikasi Polisine Inyong Polresta Banyumas,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein menyampaikan rasa syukurnya karena pada malam ini bisa menghadiri acara Peluncuran Aplikasi Banyumas Tangguh 19 dan Polisine Inyong Polresta Banyumas dimana skitar satu minggu yang lalu saya telah menandatangani kerjasama dengan Kapolresta Banyumas dalam rangka untuk pemberdayaan aplikasi Banyumas Tangguh 19.

Aplikasi ini dibuat dilingkungan Polresta Banyumas dan akan sangat bermanfaat untuk memonitor diri kita sendiri dan dapat digunakan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Banyumas. Agar nantinya aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat Banyumas maka perlu adanya sosialisasi secara aktif oleh kita semua, dimulai dari diri kita sendiri, jajaran Polresta Banyumas dan jajaran ASN di Kabupaten Banyumas.

“Saya akan wajibkan kepada ASN di Kabupaten Banyumas saat ini juga untuk segera mendownload dan mengaktifkan aplikasi Banyumas Tangguh 19. Sebagus apapun aplikasi yang kita punya apabila tidak digunakan secara baik, maka tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik juga,” terangnya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs. Ahmad Lutfi, S.H., S.St., M.K., menyampaikan kita tahu bahwa Polri saat ini sedang menyongsong teknologi 4.0, setiap hari masyarakat kita tidak lepas dari internet, sehingga pas sekali aplikasi ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini harus segera disosilisasikan kepada masyarakat, karena sebagus apapun aplikasi apabila tidak digunakan tidak akan memberikan manfaat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jateng mengapresiasi Bupati Banyumas, dimana Kabupaten Banyumas merupakan Kabupaten pertama kali yang membuat Perda tentang Covid-19. Kapolda Jateng juga menekankan agar memberdayakan Babinsa dan juga Bhabinkantibmas untuk mensukseskan vaksin Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Banyumas atas peluncuran aplikasi Banyumas Tangguh 19 dan Polisine Inyong Polresta Banyumas, semoga aplikasi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kita pada bangsa dan negara”, ucap Kapolda Jateng.

Kegiatan dilanjutkan dengan Launching Aplikasi Banyumas Tangguh Sembilan Belas (BTS) dan Polisine Inyong Polresta Banyumas oleh Kapolda Jateng secara simbolis dan ditutup dengan ramah tamah.(had).

Related Articles

Back to top button