Nasional

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, kini dijabat Irjen Pol Achmad Luthfi

Kapolda Jateng yang baru, Irjen Pol Achmad Luthfi

SEMARANG – HKNews.info – Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan mutasi jabatan terhadap Jajarannya. Melalui Surat Telegram dengan nomor ST/1377/V/KEP/2020 serta Keputusan Kapolri nomor KEP/974/V/2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri. Adapun surat keputusan tersebut ditanda tangani Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono, Jumat (1/5/2020).

Di instansi Polda Jateng juga mengalami pergeseran jabatan dimana jabatan Kapolda Jateng yang sebelumnya dijabat Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, kini digantikan oleh Wakapolda Jateng Brigjen Achmad Lutfi, dan Irjen Pol. Rycho Amelza Dahniel diangkat menjadi Kabaintelkam di Mabes Polri dengan pangkat Komisaris Jendral (Komjen) Polisi.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Iskandar Fithriana Sutisna membenarkan adanya mutasi ditubuh Polri “Iya betul ada mutasi,” paparnya saat memberikan keterangan pada awak media, Jumat, (1/5/2020).

Sehubungan dengan ditariknya Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel ke Mabes Polri, maka jabatan Kapolda Jateng diduduki oleh Brgjen Pol. Ahmad Luthfi yang mana sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jateng, dan secara otomatis pangkatnya naik menjadi perwira tinggi bintang dua dengan pangkat Inspektur Jendral (Irjen) Polisi.

Sementara itu Jabatan Wakapolda Jateng akan dijabat oleh Brigjen Pol. Abiyoso Seno Aji, yang sebelum nya menjabat Kapolrestabes Kota Semarang.

Selain merotasi Kapolda Jateng, Kapolri Jendral Idham Aziz juga memutasi 8 Kapolda dan jabatan strategis lainnya di lingkup Polri diantara nya Jendral Idham Azis juga mengganti Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepala Divisi Humas Polri.

Dalam memutasi sejumlah Kapolda dan Pejabat Tinggi Polri berdasar pada surat telegram nomor ST/1377/V/2020 dan ST/1378/V/2020 yang di tanda tangani oleh Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono.

Adapun untuk pelantikan para pejabat dilingkup Kesatuan Polri secara resmi akan dilantik oleh Kapolri namun masih menunggu informasi lebih lanjut mengingat situasi saat masih ditengah pandemi covid-19.(had).

Related Articles

Back to top button