Halo SurabayaHeadline

Transaksi Surabaya Great Expo 2023 Lampaui Target, Tembus Rp 8,2 Miliar

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi menutup pameran Surabaya Great Expo (SGE) 2023 di Exhibition Hall Grand City Surabaya pada Minggu (20/8/2023) malam. Pameran yang berlangsung mulai tanggal 16-20 Agustus 2023 ini, telah melampaui target transaksi, yakni menembus Rp 8,2 miliar. Dimana target yang dipatok adalah Rp 7,5 miliar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan, pameran nasional itu telah sukses digelar selama lima hari. Dengan jumlah pengunjung SGE 2023 sebanyak 31 ribu, naik 24 persen dari jumlah pengunjung tahun lalu. Yakni, sebanyak 25 ribu pengunjung.

“Jumlah omzet SGE 2023 secara keseluruhan adalah Rp 8,2 miliar, naik sekitar 10 persen dari SGE 2022 yang omzetnya Rp 7,5 miliar. Sementara booth di SGE 2023 sebanyak 168 dan terisi maksimum oleh 124 peserta. Sedangkan SGE 2022 hanya 100 both yang diisi oleh 80 peserta pameran,” kata Dewi, Senin (21/8/2023).

Dewi menyampaikan, SGE 2023 merupakan pameran multi produk. Mulai dari sektor industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UMKM. Pameran tersebut secara rutin digelar dan tahun ini adalah pameran yang ke-12 kalinya di Kota Surabaya. Event nasional yang melibatkan berbagai pihak ini mengusung tagline “UMKM Kuat, Surabaya Hebat”.

“Tanggapan dari para pelaku UMKM di SGE tahun ini adalah stand berdasarkan sistem klaster yang dikategorikan sesuai dengan tipikal kegiatan/layanan. Sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk mencari produk dan jenis pelayanan yang dibutuhkan pengunjung,” ujar dia.

Bahkan, produk dan jumlah UMKM yang berpartisipasi dengan difasilitasi oleh Pemkot Surabaya pun semakin beragam jumlahnya dan bervariasi. Sebab, setiap OPD turut serta menampilkan UMKM Surabaya. Promosi kegiatan juga dilakukan di berbagai media sosial utamanya Instagram dengan menggandeng influencer, menayangkan di videotron, dan media elektronik. “Pameran SGE 2023 juga menjadi sarana wisata keluarga, serta pusat informasi dan edukasi bagi anak-anak. Apalagi di tahun ini menggandeng dari UNICEF Indonesia,” terangnya.

Karenanya, Dewi mengaku bahwa para pengunjung atau konsumen juga sangat dimudahkan dalam bertransaksi. Mereka banyak yang menggunakan sistem pembayaran non tunai karena semua booth telah menyediakan QRIS untuk bertransaksi. Sedangkan dalam kaitannya dengan pelayanan publik yang diberikan oleh Pemkot Surabaya, masyarakat terlihat sangat antusias karena dirasa bahwa pelayanan menjadi lebih dekat dan dikemas dalam suasana yang santai juga menyenangkan.

“Bahkan beberapa OPD juga memberikan hadiah-hadiah atau bonus kepada pengunjung yang datang ke stand, ikut game atau permainan santai yang ada di stand. Bahkan beberapa OPD membolehkan pengunjung mencoba peralatan atau seragam atribut Dinas,” ungkap dia.

Selain itu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) sangat ramai ditunggu masyarakat. Misalnya layanan EKG, cek darah, cek massa tubuh, injeksi vitamin dan lainnya. Kemudian yang tidak kalah ramai adalah layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang sangat mudah, layanan bidang penanaman modal dan perizinan juga ramai dikunjungi masyarakat.

“Artinya penyelenggaraan SGE selanjutnya yaitu tahun 2024, kita harus bisa mempertahankan capaian yang telah diperoleh untuk SGE 2023, dan justru harus bisa lebih baik lagi dari tahun ini,” tegas dia.

Kemudian, Dewi lantas menjelaskan strategi agar penyelenggaraan SGE 2024 lebih maksimal dari tahun ini. Langkah awal yang dilakukan adalah menyasar kegiatan promosi lebih gencar dengan menggandeng tokoh atau influencer yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini akan berdampak mendatangkan massa atau pengunjung ke pameran. Selain itu rangkaian acara pengisi kegiatan akan dikemas lebih menarik, misalnya dengan mengadakan konser musik yang digemari oleh masyarakat.

“Kemudian dari sisi kepesertaan akan lebih dimaksimalkan, khususnya partisipasi dari Sister City baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Surabaya Great Expo merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah untuk mempromosikan daerahnya maupun produk-produk unggulannya,” pungkasnya. (yok)

 

Related Articles

Back to top button