Headline

Gubernur Khofifah : “Pemindahan Ibu Kota Ke Kaltim Untungkan Jawa Timur.”

SURABAYA – HKNews.info : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyambut baik rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, karena bisa berdampak pada percepatan pemerataan SDM, akses, peluang ekonomi di luar jawa.

“Apalagi ada sekitar seratus ribu PNS yang juga akan pindah ke sana. Upaya dalam membangun pemerataan tersebut akan segera terlaksana,” katanya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (28/8) petang

Khofifah juga mengatakan, jika Kalimantan merupakan pusat pemerintahan, maka pertumbuhan-pertumbuhan baik perguruan tinggi, perkembangan industri 4.0, dan lainnya akan berkembang. Begitu juga dengan industri kreatif akan segera berkembang di sana.

Ditanya mengenai dampak kepada Jatim sendiri, Khofifah menerangkan bahwa kantor Perwakilan Dagang Jatim yang berada di Balikpapan cukup dekat dengan Panajam yang akan jadi Ibu kota. Jika memang harus bangun di Panajam, pihaknya akan membangun kantor perwakilan dagang tersebut. 

“Kita punya cukup banyak komoditas yang dikirim ke Kalimantan Timur. Soal pindah atau tidak, ya akan kita lihat dulu,” katanya, seraya menambahkan, bahwa peluang bagi Jawa Timur akan sangat besar, dikarenakan sentra perdagangan antar pulau menjadi dekat dan lancar. Telah banyak sentra perdagangan Jawa Timur di Kalimantan.

Namun, Khofifah belum mengetahui mengenai kota mana yang akan dijadikan sentra perdagangan bagi Jawa Timur.

“Surabaya-Balikpapan bisa langsung kapalnya. Ini beriringan dengan program Pak Jokowi tol laut. Kita lihat di Balikpapan sentra, kalau di Panajam berarti kita harus bangun di sana (Kantor Perwakilan Dagang),” katanya. (her)

Related Articles

Back to top button