BudayaHalo Surabaya

Pemkot Surabaya Buka Layanan Gratis Di Bhaksos Terintegrasi

SURABAYA – HKNews.info : Bhakti Sosial (Bhaksos) Pemkot Surabaya kali ini dilaksanakan dengan pelayanan terintegrasi dari segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) jajaran pemerintah kota.  Gelar baksos ini dilaksanakan di Lapangan Tambak Asri XIII Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Rabu, (13/03).

Berbagai pelayanan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya hadir dalam kegiatan tersebut. Diantaranya yakni, pelayanan kesehatan gratis, pengurusan e-KTP, informasi ketenagakerjaan, media center, hingga fasilitas mobile perpustakaan. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai pelayanan terintegrasi yang disediakan oleh Pemkot Surabaya tersebut.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya, berharap masyarakat dapat memanfaatkan berbagai pelayanan yang disediakan Pemkot. “Mulai pengurusan KTP, semua ada disini, termasuk izin usaha lengkap di sini, silahkan bapak ibu memanfaatkannya,” kata Wali Kota Risma.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengarahkan kepada Ketua RT dan RW setempat, apabila ada warganya yang sedang mengalami sakit, agar bisa diajak berobat ke sini. Bahkan, ia menegaskan, akan menugaskan jajarannya untuk menjemput langsung ke rumah orang yang sakit itu jika kondisinya memang tidak memungkinkan untuk datang. “Mungkin ada warga yang saat ini sakit dan tidak bisa datang ke sini, tolong disampaikan, kita akan jemput. Kalau perlu dirujuk perawatan ke rumah sakit, kita akan jemput dan antar,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Wali Kota Risma juga berpesan kepada Ketua RT dan RW yang hadir, apabila ada ada anak putus sekolah agar didata dan disampaikan melalui kelurahan. Bahkan ia juga tak ingin jika ada lansia yang kondisinya tidak mampu sampai tidak bisa makan. Karena itu, ia mengimbau kepada ketua RT dan RW agar disampaikan jika ada warganya yang mengalami kondisi itu. “Kalau ada warganya yang lansia, ataupun menderita sakit TBC atau kangker, itu sampaikan ke kita. Karena kita ada program permakanan tambahan, saya minta tolong disampaikan. Tolong disampaikan data itu saya tunggu,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma memberi kesempatan warga untuk menyampaikan uneg-unegnya terkait berbagai permasalahan yang ada di wilayah masing-masing. Baik itu, masalah infrastuktur, kesehatan, sekolah, hingga administrasi pemerintahan. “Saya akan catat masalah-masalah Pak RT dan RW, kalau bisa saya selesaikan hari ini, kita langsung selesaikan. Namun, kalau masalahnya tidak bisa diselesaikan langsung, nanti saya komunikasikan dengan dinas terkait,” jelasnya.

Hal ini tak disia – siakan oleh M. Zainul Abidin, sebagai Ketua RW 6 Tambak Asri, untuk mengeluhkan soal saluran drainase di wilayahnya sering mampet, sehingga menyebabkan banjir. Ia juga menyampaikan jika ada salah satu warganya yang sedang mengalami sakit, namun tidak memiliki biaya untuk berobat. “Ada warga kami yang sakit, namun tidak memiliki biaya untuk berobat. Kami juga di sini punya kelompok UKM yang sangat membutuhkan sentra UKM,” ujarnya.

Di sisi lain, Sugianto Ketua RW 9 Tambak Asri,  menyampaikan banyak pemuda pengangguran di wilayahnya akibat kena PHK perusahaan. Ia berharap agar ada solusi dari Pemkot Surabaya. “Tolong Bu wali, warga saya yang saat ini menganggur agar bisa dicarikan solusi. Nanti kita data, kita sampaikan,” ujarnya.

Menanggapi keluhan mereka, Wali Kota Risma langsung memerintahkan kepada masing – masing Kepala OPD terkait. (yok)

Related Articles

Back to top button