Jateng Raya

Hari Inovasi Indonesia (HII) RSUD Sultan Fatah Demak Menuju Era Digital

DEMAK – HKNews.info : Rumah sakit Sultan Fatah yang berada di Karangawen, Kabupaten Demak berbenah diri dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dan pasien dengan inovasi digital.

Memeringati Hari Inovasi Indonesia (HII) 1 November 2022, Humas RSUD Sultan Fatah Demak, Edi Cholid, mengajak seluruh jajaran karyawan RSUD untuk senantiasa meningkatkan inovasi digitalisasi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan mutu layanan rumah sakit yang moderen.

“Segenap Karyawan RSUD Sultan Fatah Demak mengucapkan Hari Inovasi Indonesia (HII), setiap 1 November untuk mengingatkan setiap individu di RSUD Sultan Fatah senantiasa meningkatkan inovasinya khususnya dibidang kesehatan agar lebih baik dari sebelumnya,” ujar Edi di kantornya, Selasa (1/11/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Edi Cholid menyampaikan bahwa RSUD Sultan Fatah selalu terdepan dalam hal inovasi, terbukti saat ini RSUD Sultan Fatah sudah menggunakan RME (Rekam Medis Elektronik).

“Ini adalah yang pertama di wilayah Kabupaten Demak. Dan baru beberapa Rumah Sakit di Jawa Tengah yang sudah mengaplikasikan,” tambah Edi.

Adapun manfaat dari adanya fasilitas Rekam medis elektronik (RME) dari aspek administratif, bermanfaat sebagai tempat penyimpanan informasi secara elektronik, mengenai data kondisi kesehatan dan data layanan kesehatan yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya.

Sementara dari aspek pengguna, penerapan Rekam Medis Elektronik memberikan manfaat kepada dokter dan petugas kesehatan Profesional Pemberi Asuhan (PPA) dalam mengakses informasi pasien dan membantu dalam pengambilan keputusan klinis.

Selain inovasi, yang tak kalah penting disampaikan Edi, RSUD Sultan Fatah juga tidak melupakan pelayanan kepada pasien. Karena pelayanan terbaik adalah yang utama.

Hal tersebut dibuktikan semakin banyaknya pasien yang datang di RSUD Sultan Fatah menjadi rujukan bagi warga di wilayah Demak bagian Selatan yaitu Karangawen, Dempet, Kebonagung dan Guntur yang mengaku puas dengan pelayanan kesehatan rumah sakit Sultan Fatah.

Bambang Nugroho (15) warga Desa Ngiri RT02 RW 02 misalnya, mengaku puas dengan pelayanan di RSUD ini.

“Ya saya senang kontrol di sini karena pelayanan yang diberikan terhadap pasien sangat baik,” ucapnya kepada awak media saat melakukan cek kesehatan di RSUD Sultan Fatah.

Hal tersebut dibenarkan Pujiono, orang tua Bambang saat mengantar anaknya kontrol kesehatan di RSUD Sultan Fatah.

“Iya, pelayanannya semakin baik dan moderen,” ucapnya. (had).

Related Articles

Back to top button