Halo Surabaya

Pemkot Surabaya Bersama IKA ITS Jatim Bantu Rutilahu Warga Mulyorejo

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Jawa Timur membantu rumah tidak layak huni (Rutilahu) miliki keluarga miskin di kawasan Kecamatan Mulyorejo, Sabtu (12/8/2023). Rumah tersebut adalah milik Siti Badriyah, warga Jalan Tempurejo IX, Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya.

Penyerahan kunci rutilahu itu, diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada Siti Badriyah seusai acara ITS Climate Action (ICA) 2023, kemarin pagi. Yang tadinya rumah tersebut tidak memiliki tembok dan atapnya kurang kokoh, kini sudah dibenahi sehingga lebih layak untuk dihuni oleh Siti Badriyah.

Tak hanya bagian tembok saja yang dibenahi. Dapur hingga kamar mandinya pun juga diubah menjadi lebih baik lagi. “Alhamdulillah sudah layak ini. Rezeki itu bu, kalau kita taat sama Gusti Allah, maka rezeki itu akan datang di tempat yang tidak terduga. Mugi-mugi berkah bu nggih (semoga berkah ya bu),” kata Wali Kota Eri kepada Siti Badriyah.

Rumah Siti sebelumnya tidak layak, bahkan tak mempunyai tembok pembatas pada bagian kanan dan kirinya. Sebelum direnovasi, tembok pembatas rumahnya hanya menumpang dengan rumah di samping kanan dan kirinya. Tak hanya itu, ketika musim penghujan air merembes masuk hingga ke dalam rumahnya.

Usai mendapatkan bantuan rutilahu, kini perempuan yang kesehariannya berjualan gorengan keliling itu tak khawatir lagi rumahnya kebanjiran ketika hujan. Dalam kesempatan itu, ia turut mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Eri dan IKA ITS Jatim sudah membantu merenovasi rumahnya.

“Alhamdulillah, setelah adanya program rutilahu, kini kondisi rumah saya jadi lebih baik dan bagus. Rumahnya sudah terhindar dari banjir dan nggak ada lagi baskom-baskom yang berserakan untuk menampung air hujan,” tandas Siti. (yok)

 

Related Articles

Back to top button