Jateng Raya

Ketua Komnas HAM Apresiasi Aplikasi LIBAS Polrestabes Semarang

SEMARANG – HKNews.info – Polrestabes Semarang menerima kunjungan Peserta Festival HAM di Loby depan Ruang PCC (Presisi Comand Centre) Mapolrestabes Semarang. Jumat (19/11/2021).

Kegiatan kunjungan tersebut merupakan rangkaian Kegiatan Trip Site Visit Festival HAM Tahun 2021 di Kota Semarang yang diikuti sekitar 125 Orang.

Peserta Festival HAM di terima langsung oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H, M.Hum., bersama Wakapolrestabes Semarang AKBP I. G. A. Dwi Perbawa Nugraha, S.I.K., M.Si., dan PJU Polrestabes Semarang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komnas HAM RI Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A, Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI Munafrizal Manan, Komisioner Komnas HAM RI Sandrayati Moniaga, dan Rekan Wartawan Polrestabes Semarang.

Peserta Festival HAM juga meninjau inovasi kreatif yang telah dibuat Polrestabes Semarang dalam kecepatan pelayanan Masyarakat yaitu “Aplikasi LIBAS (Polisi Hebat Semarang)”.

Dalam sambutanya Kapolrestabes Semarang mengatakan pelayanan yang ada di Jajaran Polrestabes Semarang saat ini, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kondisi Polrestabes saat ini, memang jauh berbeda dari kondisi terdahulu. Apalagi terhadap masyarakat berkebutuhan khusus, yang kita jadikan sebagai pelayanan prioritas.

“Mereka (masyarakat berkebutuhan khusus) kami layani dengan baik. Terutama bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, SKCK ataupun surat kehilangan. Mereka kami fasilitasi,” ujar Kapolrestabes

Lanjutnya, Polrestabes telah meluncurkan Aplikasi LIBAS yang merupakan salah satu trobosan pelayanan kepada masyarakat dan dapat di manfaatkan untuk kebutuhan menyampaikan informasi atau kejadian, sehingga masyarakat dapat ikut berperan aktif untuk ikut serta menjaga keamanan di kota semarang.

Lanjut Kapolrestabes, aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat di Kota Semarang yang membutuhkan pelayanan Kepolisian.

“Masyarakat dengan sangat mudah bisa melaporkan kejadian di lingkungannya, karena aplikasi LIBAS ini bisa diunduh secara gratis dari Playstore maupun App Store,” imbuhnya

Aplikasi LIBAS memiliki sederet manfaat lebih diantaranya adanya program layanan kesehatan darurat, program pemantauan melalui cctv sampai ketingkat RT, sistem pelaporan diri sendiri, ada tombol panik, tersedia team Elang Hebat Semarang (TEBAS) dan lainya.

“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri serta dapat memudahkan masyarakat apabila membutuhkan,” pungkas Kapolrestabes.

Ketua Komnas HAM RI Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A., mengatakan “Kami sangat berbangga dapat berkunjung ke Polrestabes Semarang untuk itu diharapkan ke depan saling bahu membahu dan bekerja sama dalam penegakan hukum di Indonesia,” ujar Damanik.

Diakhir acara Kapolrestabes menunjukan dapur aplikasi Libas kepada Peserta Festival Komnas HAM di Ruang PCC (Presisi Comand Centre) yang diluncurkan pada 8 Mei 2021 lalu. (had).

Related Articles

Back to top button