Jateng Raya

Satpol PP Kota Semarang Tertibkan Pedagang Liar di Kawasan Pasar Johar

SEMARANG – HKNews.info : Dianggap membandel tetap berjualan ditempat larangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menertibkan 40-an lapak pedagang di sekitar Pasar Johar yang menggelar dagangan secara liar tak sesuai aturan, Rabu (3/11/2021). Hal ini dilakukan Satpol PP guna mendukung berfungsinya Pasar Johar yang telah selesai direnovasi.

Adapun lapak-lapak pedagang yang dibongkar dan ditertibkan yaitu yang berdiri di Sepanjang Jalan Inspeksi Damaran dan Jalan depan Masjid Kauman Semarang menuju Kanjengan. Dalam penertiban ini, selain dibongkar oleh anggota Satpol PP, para pedagang ada juga yang berusaha membongkar sendiri lapak, tendanya dan mengamankan dagangannya agar tak diangkut petugas Satpol PP.

Pembongkaran ini pun tak berjalan mulus sebab banyak pedagang yang protes dan bahkan ada wanita tua yang menangis. Namun Satpol PP tegas tetap membongkar lapak, tanpa ada kompromi.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, SH., MM, saat ditemui awak media ditengah berlangsungnya pembongkaran mengatakan, pembongkaran dilakukan lantaran pedagang masih juga nekat berjualan padahal beberapa pekan sebelumnya sudah pernah ditertibkan.

“Tiga minggu yang lalu kita sudah tertibkan tempat ini. Tapi mereka malah jualan lagi. Akhirnya kita robohkan,” kata Fajar.

Parahnya lagi, kata dia, tempat itu diperjualbelikan oleh oknum tak bertanggungjawab kepada warga yang ingin berdagang di wilayah itu.

“Ini nanti akan saya Laporkan ke Polrestabes Semarang karena ada jual beli lahan. Saya pastikan ada yang jual beli lahan disini,” tegasnya.

Pembongkaran ini kata dia, untuk mendukung pemfungsian Pasar Johar bagi pedagang. Sebab, anggaran untuk perbaikan Pasar Johar menelan dana sekitar 800 miliar. Sehingga menurutnya, hal ini perlu didukung pedagang.

“ibu ibu pedagang ini memang susah diatur. Saya sudah cek empat kali kesini, selalu penuh,” jelas dia.

Ia pun mengingatkan para warga dan pedagang agar tak nekat kembali berdagang di wilayah itu. Sebab, pihaknya, tak segan bertindak lebih tegas lagi bila ada pelanggaran di kemudian hari.

“Kalau bandel lagi, nanti dagangan akan saya angkut semua. Ini kawasan Akses menuju Johar, harus steril dari pedagang. Mall dan kafe saja saya tertibkan, apalagi yang pedagang kecil gini,” tandas dia. (had).

 

Related Articles

Back to top button