Jateng Raya

Polres Semarang Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Candi 2021

UNGARAN – HKNews.info : Operasi Zebra Candi 2021 serentak dilaksanakan secara nasional selama 14 hari, Polres Semarang Polda Jateng menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi tahun 2021, yang dilaksanakan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan di halaman Mapolres Semarang, Senin (15/11/2021).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Semarang H. Basari, ST, M.Si., Dandim 0714/ Salatiga yang diwakilkan Pabung Kodim 0714 Salatiga, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening dan segenap unsur forkompimda di Kabupaten Semarang.

Operasi Zebra Candi 2021 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 – 28 November 2021 mendatang, wujudkan cipta kondisi kamseltibcarlantas (keamanan ketertiban kelancaran lalu lintas), menjelang natal 2021 dan tahun baru 2022 serta untuk membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas, diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H.A., S.I.K., M.H., membacakan amanat Kapolda Jateng menyampaikan, pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2021 ini, tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas semata. Akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola Preemtif dan Preventif berupa tindakan simpatik humanis dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

“Kamseltibcar Lantas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dewasa ini permasalahan lalu lintas berkembang sangat pesat. Hal tersebut disebabkan mulai dari pertambahan jumlah penduduk, bertambahnya kendaraan, pertumbuhan jaringan jalan yang rendah dan kurang disiplinnya masyarakat tertib berlalulintas,” papar AKBP Yovan.

“Kepada anggota yang bertugas di lapangan, untuk siapkan mental dan fisik, lakukan tindakan secara tegas namun tetap humanis terhadap setiap pelanggaran hukum lalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan Kamseltibcar lantas serta tetap patuhi protokol kesehatan,” imbuh Kapolres Semarang

Edukasi Etika Berlalulintas

Selain itu Kasatlantas Polres Semarang AKP Rendi Johan Prasetyo S.I.K., M.A.P juga menjelaskan, bahwa arah dari Operasi Zebra Candi 2021 yaitu protokol kesehatan, memberikan edukasi etika berlalulintas keselamatan berlalulintas, razia stasioner dengan menghimbau masyarakat terkait protokol kesehatan dan aplikasi peduli lindungi.

“Kami melaksanakan operasi zebra candi dilaksanakan di lapangan serta media sosial terkait edukasi himbauan keselamatan berlalulintas dan masyarakat dapat mematuhi rambu, marka dan lain sebagainya serta berharap dengan meningkatkan aktivitas di lapangan masyarakat mengerti terkait dengan protokol kesehatan dan ketertiban bermasyarakat,” terang Kasat Lantas. (had/absa).

Related Articles

Back to top button