Jateng Raya

Pilkades di Kabupaten Blora Berjalan Aman Mendapat Apresiasi Kapolda Jateng

SEMARANG – HKNews.info : Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan apresiasi atas keberhasilan delapan desa di Kabupaten Blora yang sukses melaksanakan Pilkades secara aman pada hari Minggu (21/11).

Menurut Kapolda, melaksanakan Pilkades di era pandemi ini membutuhkan persiapan tersendiri. Tak hanya memperhatikan faktor keamanan, tapi juga harus tetap taat prokes.

“Tentu saja kita tidak ingin Pilkades menjadi kluster baru penyebaran covid,” ungkapnya.

Delapan desa yang melaksanakan Pilkades itu antara lain Desa Pelem Kecamatan Jati, Desa Klampok Kecamatan Banjarejo, Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Desa Karangtawang Kecamatan Tunjungan, Desa Wotbakah Kecamatan Japah, Desa Plumbon Kecamatan Ngawen, Desa Dringo Kecamatan Todanan, serta Desa Biting Kecamatan Sambong.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mewakili Kapolda menambahkan, 31 personil Brimob Pati diterjunkan untuk membantu pengamanan Pilkades tersebut.

“Adapun petugas pamatwil yang diterjunkan kesana adalah AKBP Sunardi yang sehari-hari menjabat Wadir Samapta,” tambah Kabidhumas, Senin (22/11).

Selain back up personil di atas, tenaga bantuan pengaman juga diperoleh dari Kodim 0721/Blora, Batalyon 410 / Alugoro serta satpol PP setempat. Tenaga bantuan ini bersifat standby di Mapolres setempat dan siap digerakkan apabila situasi membutuhkan.

Kabidhumas mengatakan, sukses sejumlah daerah dalam melaksanakan Pilkades harus ditiru kabupaten lain yang akan melaksanakan kegiatan serupa.

“Harapan Polda Jateng, keberhasilan Blora dan beberapa kabupaten lain yang sukses melaksanakan Pilkades dapat dijadikan barometer. Pemilihan kepala daerah atau kades harus berjalan kondusif dan didukung semua pihak. Sepanjang pelaksanaan sesuai aturan konstitusi, maka tidak ada alasan untuk menolak hasil Pilkada atau pilkades,” tutupnya. (had).

Related Articles

Back to top button