Halo Surabaya

Percepat Pemulihan Ekonomi, Pameran Surabaya Fashion Week 2021 Digelar Secara Hybrid

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya mempercepat pemulihan ekonomi sesuai pandemi Covid-19 landai. Salah satu yang dilakukan Pemkot Surabaya adalah menggelar Pameran Surabaya Fashion Week (SFW) 2021 yang sudah dibuka Minggu Malam, (31/10/2021).

Pameran SFW 2021 yang diikuti oleh ratusan UMKM yang ada di Kota Pahlawan itu digelar secara hybrid dengan mengusung tema UMKM Journey, yakni perkembangan UMKM di Kota Surabaya dari masa ke masa. Dalam pameran ini, para pengunjung bisa langsung mendatangi stand pameran yang berlokasi di Main Atrium Grand City Surabaya, pada 31 Oktober hingga 07 November 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, pameran SFW 2021 diikuti oleh ratusan pelaku UMKM tersebut, terbagi menjadi tiga jenis produk, yakni kuliner, busana, dan kerajinan.

“Kami menggelar pameran Surabaya Fashion Week ini juga secara hybrid, dimana 80 UMKM mengikuti pameran secara offline dan 278 UMKM mengikuti secara online,” kata Wiwiek sapaan akrabnya, Senin (1/11/2021).

Wiwiek menjelaskan, bahwa para untuk menyaksikan pameran online, masyarakat juga bisa mengakses aplikasi Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (PEKEN) Surabaya. Yakni aplikasi belanja online yang bisa diakses oleh masyarakat untuk memilih produk-produk berkualitas karya UMKM Kota Surabaya.

“Masyarakat bisa juga mengakses dari aplikasi PEKEN, disana juga terdapat banyak sekali produk UMKM yang kita promosikan. Bentuknya memang menjadi Marketplace untuk UMKM Surabaya,” terang dia.

Selain itu, ia juga menyampaikan, akan ada workshop dari Kemenkumham, terkait pentingnya sertifikasi untuk para pelaku UMKM. Melalui workshop tersebut, ia berharap akan banyak pelaku UMKM yang mulai memahami pentingnya sertifikasi.

“Materi tersebut berisi tentang pengetahuan, memberikan informasi terkait sertifikasi, karena bisa menjadi salah satu penunjang,” ujar dia.

Oleh karena itu Wiwiek mengungkapkan, saat ini masyarakat tidak perlu khawatir terhadap produk UMKM. Sebab, produk UMKM buatan Kota Surabaya sudah dipasarkan hingga ke pasar internasional.

“Pada Pameran Surabaya Fashion Week ini kami juga telah melakukan kurasi. Jadi tidak perlu khawatir dengan kualitas produk dari UMKM Surabaya. Harapannya pameran ini bisa menjadi momentum pada masa transisi pandemi agar pelaku UMKM bisa menjadi lebih bersemangat,” pungkasnya. (yok)

 

Related Articles

Back to top button