Jateng Raya

Siap Kawal Unra 11 April, Polri Himbau Peserta Tetap Hormati Bulan Ramadhan

SEMARANG – HKNews.info : Sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat berencana melakukan aksi unjuk rasa secara nasional pada hari Senin (11/4/2022) besok.

Di Jawa Tengah, diperkirakan unjuk rasa ini berpusat di kota Semarang. Berdasar sejumlah keterangan, massa berjumlah sekitar seribu orang dan berasal dari beberapa kota.

Terkait pengamanan unjuk rasa, Polda Jateng telah menyiapkan personil dan menghimbau para peserta unjuk rasa tetap mematuhi aturan hukum, bersikap tertib dan menghormati nuansa bulan Ramadhan sebagai bulan ibadah.

“Unjuk rasa merupakan bagian dari demokrasi dan dijamin oleh undang-undang. Untuk itu kami siap melakukan pengawalan dan pengamanan agar kegiatan tetap berjalan tanpa mengganggu aktivitas masyarakat lain,” kata Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Minggu (10/4/2022).

Kabidhumas juga menghimbau peserta unjuk rasa tidak anarkhis serta mematuhi batas jam pelaksanaan kegiatan Unra.

“Apalagi sore hari sekitar jam 17.30 saat ini warga sudah memasuki masa persiapan buka puasa dan ibadah sholat Maghrib. Kami harap peserta menyampaikan aspirasi secara tertib dan santun serta tidak anarkhis. Hal yang terpenting, peserta agar menghormati masyarakat lain yang melaksanakan aktivitas dan ikut menjaga kekhusyukan bulan Ramadhan,” tambahnya.

Terkait personil pengamanan, Kabidhumas menyatakan Polda Jateng telah menyiapkan petugas dari berbagai fungsi kepolisian serta tim negosiator dari unsur polwan.

Polda Jateng dikatakannya tetap mengedepankan pengamanan dengan unsur humanis dan bertindak sesuai SOP yang ada.

“Polda Jateng akan mengamankan secara soft dan humanis. Untuk itu kami mohon kerjasama para peserta untuk tertib, tidak anarkhis,” tandasnya. (had).

Related Articles

Back to top button