Halo Surabaya

Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Surabaya Launching Sayembara Desain Sontoh Laut

SURABAYA – HKNews.info : Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan Kreartureseries dan pihak sponsor melaunching Sayembara Desain Sontoh Laut. Kompetisi ini untuk mendorong partisipasi warga, terutama pemuda Surabaya dalam pengembangan pembangunan Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap dengan adanya lomba ini, para pemuda yang memiliki ilmu tentang arsitektur dan pengembangan wisata alam bisa mengikuti kompetisi ini. Sebab, dia sangat yakin Wisata Bahari Sontoh Laut ini akan menjadi tempat bagi para pemuda dan tempat wisata yang baru dan menarik di Kota pahlawan.

“Kalau pemuda ikut berpartisipasi, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal dan akan ada peran pemuda di dalam pembangunan tersebut. Ketika ada peran pemuda, maka Sontoh Laut akan menjadi tempat yang hebat di Kota Surabaya. Ayo rek, para pemuda semua ikut sayembara ini untuk Surabaya yang lebih hebat lagi di masa mendatang,” kata Wali Kota Eri.

Menurutnya, perencanaan pembangunan Sontoh Laut ini memang sengaja tidak dieksekusi langsung oleh Pemkot Surabaya karena memang ingin melibatkan para pemuda dalam melakukan perencanaan pembangunan Kota Surabaya. Namun, tidak hanya pemuda yang diharapkannya, melainkan siapapun yang memiliki keahlian di bidang arsitektur itu.

“Tapi saya juga berharap pemudanya yang muncul, karena hari ini peringatan Sumpah Pemuda, maka semangat dan karakter 28 Oktober silam diharapkan bisa muncul kembali, sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah kota dalam perencanaan Surabaya, tapi bagaimana seluruh elemen masyarakat, terutama pemudanya menjadi bagian dari perencanaan pembangunan Kota Surabaya,” tegasnya.

Wali Kota Eri juga menjelaskan alasan memilih Sontoh Laut untuk dijadikan lokasi sayembara desain. Salah satu alasannya karena Wisata Bahari Sontoh Laut itu sangat bisa dikembangkan menjadi pusat wisata yang sangat hebat di Surabaya. Meskipun sebenarnya masih banyak pusat wisata di tempat lainnya yang bisa dikembangkan untuk menjadi tempat wisata yang hebat pula.

“Jadi, kita lakukan di Sontoh Laut dulu, sehingga insyallah dari hasil sayembara di tempat ini, bisa dilakukan pula di tempat lainnya, tentu dengan melibatkan semua elemen masyarakat melalui perlombaan serupa,” ujarnya.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan nantinya pengembangan sentra wisata kuliner (SWK) juga akan dikembangkan dengan menggelar sayembara pula, sehingga perencanaan pembangunannya melibatkan pemuda-pemuda berbakat yang sangat luar biasa di Kota Surabaya. Melalui sayembara ini, para pemuda yang memiliki kemampuan terpendam bisa dikeluarkan dan diimplementasikan kepada tempat nyata milik Pemkot Surabaya.

“Jadi, saya ingin setiap pembangunan yang dibangun oleh Pemkot Surabaya merupakan sumbangsih pemikiran dari seluruh warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Sayembara Desain Sontoh Laut Yanaita Febbi menjelaskan bahwa pendaftaran sayembara ini dimulai pada hari ini, 28 Oktober – 30 November 2021 melalui laman http://krearture.com dan event ini dapat diakses lebih detail di Instagram @kreartureseries. Ia juga menjelaskan bahwa nantinya akan ada webinar tentang “How to Make Integrated Design for Tourism Area” yang akan digelar pada 10 November 2021.

“Bahkan, nanti akan ada survei lokasi yang akan dilaksanakan secara individu oleh peserta dan akan dipandu oleh volunteer atau Bagian Humas Pemkot Surabaya di kawasan Sontoh Laut mulai 10-30 November 2021,” kata Febbi.

Adapun batas akhir pemasukan atau penyetoran karya akan dimulai pada 12-14 Desember 2021. Kemudian untuk penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 16-18 Desember 2021, dan tahap kedua pada 21-22 Desember 2021. Dewan juri yang akan bertugas dalam penjurian ini adalah Ketua IALI Jawa Timur Medha Baskara, Profesional Arsitek Lanskap Zaky Umara, dan juga perwakilan dari Pemkot Surabaya.

“Sedangkan awarding dan pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 28 Desember 2021. Khusus pemenang pertamanya akan diumumkan langsung oleh Bapak Wali Kota, karena desain dari juara sayembara ini akan dipakai oleh Pemkot Surabaya untuk mengembangkan Wisata Bahari Sontoh Laut,” ujarnya.

Febbi menjelaskan, para pemenang sayembara ini berhak mendapatkan uang tunai, goodie bag dan juga piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. Khusus juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 35 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota Surabaya. Kemudian untuk juara 2 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 15 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota Surabaya. Lalu untuk juara 3 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7,5 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota.

“Nanti juga akan ada dua orang juara favorite yang akan mendapatkan uang tunai Rp 1.250.000, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota Surabaya. Ayo rek kirimkan karya terbaikmu!” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button