Jateng Raya

Angkat Produk Unggulan UMKM, Forum Demak Kreatif Gandeng Dekranasda

DEMAK – HKNews.info – Potensi UMKM Kabupaten Demak yang beragam dan membutuhkan campur tangan pemerintah daerah dalam membantu pemasarannya disikapi Bupati Demak Hj. Estianah dengan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Demak, Masa Bhakti Tahun 2021 – 2026, bertempat di Aula pendopo kantor bupati Kabupaten Demak, Rabu (06/10/2021).

Acara pengukuhan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Demak, Sekretaris Daerah, para Asisten, para kepala OPD terkait dan sekaligus mengukuhkan ibu Wakil Bupati Demak, Hj. Khodijah Ali Maksun sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Demak periode 2021 – 2026.

Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati Demak Hj. Estianah menyampaikan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda adalah sebagai wadah yang mengakomodir para pelaku usaha kecil dan menengah yang bertujuan untuk membantu para pengrajin-pengrajin lokal dan UMKM berbagai macam produk olahan maupun kerajinan tangan yang dihasilkan oleh warga lokal Demak dengan membantu dalam hal pemasaran, pelatihan, peningkatan mutu agar dapat bersaing dengan produk-produk lainnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. Dekranasda juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam upaya yang dimaksud agar dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pengrajin dan pelaku UMKM terkait.

“Dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah ditambah dengan kehadiran Dekranasda, saya yakin bahwa tidak perlu waktu lama bagi UMKM dan hasil kerajinan yang ada di Demak dapat semakin bertumbuh dan berkembang pesat,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Demak Hj. Khodijah Ali Makhsun menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Demak yang senantiasa berupaya meningkatkan ekonomi keluarga dengan menciptakan usaha-usaha rumahan yang patut dibantu pemasaran serta peningkatan kwalitasnya.

“Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Demak adalah merupakan salah satu upaya mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Demak sekaligus sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah serta turut serta mensukseskan pembangunan daerah. Dengan berfungsinya Dekranasda secara optimal maka diharapkan dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu meningkatkan taraf ekonomi rakyat secara layak,” tutur Khodijah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Demak Kreatif (FDK), Abdul Ershad Salam, Bs.c, Ms.c, Ph.D, sangat berharap kepada Dekranasda Kabupaten Demak untuk dapat sepenuhnya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Demak agar ekonomi warga Demak dapat meningkat seiring dengan program kerja Dekranasda kedepan.

“Adanya Dekranasda diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejateraan masyarakat. Menggali potensi warga Demak, mengembangkan dan sekaligus membantu melestarikan warisan budaya bangsa. Melakukan pembinaan berkelanjutan dalam penggunaan teknologi baru dan menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni karajinan daerah dengan segala potensi yang ada,” ucap Ershad.

“Dekranasda bisa memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan para pengrajin membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan, memperluas pangsa pasar hasil kerajinan daerah,” imbuh Ershad Ketua FDK.

Untuk itu kepada seluruh Pengurus Dekranasda Kabupaten Demak yang baru terbentuk agar segera bergandengan tangan dengan kelompok industri kecil dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku industri kecil, menengah dan perorangan untuk bersama-sama bekerjasama dalam membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Demak. (had/erh).

Related Articles

Back to top button