JatimPolitik

Melenggang Caleg yang Berpeluang Terpilih Anggota DPRD Jatim Periode 2024-2029

SURABAYA – HKNews.info : Persaingan perebutan kursi di Pilcaleg 2024 kian panas. Di Jawa Timur, ribuan caleg dari total 18 partai politik bersaing ketat memperebutkan sebanyak 120 kursi di DPRD Jatim untuk periode 2024 – 2029.

Siapa saja caleg yang berpeluang terpilih menjadi anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 ?

Untuk level DPRD Provinsi di Jawa Timur, dari 120 kursi yang diperebutkan itu terbagi menjadi 14 daerah pemilihan (dapil).

Berikut ini daftar lengkap 120 caleg yang berpeluang terpilih menjadi anggota DPRD Jatim periode 2024-2029 dari masing-masing dapil.

Hasil rekapitulasi suara sementara untuk DPRD Jatim memperlihatkan 120 nama calon legislatif (caleg) yang berpeluang lolos.

Beberapa di antaranya merupakan figur baru namun ada pula sejumlah politisi senior.

Mengutip hasil rekapitulasi suara di KPU hingga Senin (26/2/2024), partai dengan suara terbanyak diraih oleh PKB dengan perolehan suara mencapai 2.542.253 suara (20,44 persen).

Sedangkan untuk caleg peraih suara terbanyak sementara adalah Abdullah Abu Bakar, politisi PAN dari daerah pemilihan Jatim 8.

Untuk daftar lengkapnya, berikut sejumlah politisi dari 14 daerah pemilihan (dapil) di Jawa Timur yang berpeluang mendapatkan kursi DPRD Jawa Timur dengan menggunakan sistem perhitungan Sainte Lague:

Dapil Jatim 1 (Surabaya) : Di dapil Jatim 1 yang meliputi Kota Surabaya, PDI P masih memimpin perolehan suara. Namun, jumlah kursi akan berkurang dari 3 kursi menjadi 2 kursi. Adalah politisi muda PDI Perjuangan sekaligus putra Menteri Sosial Tri Rismaharini, Fuad Bernardi menjadi satu di antara caleg PDI yang akan masuk DPRD Jatim.Selain itu, ada pula caleg PSI, Erick Komala yang juga berpotensi masuk DPRD Jatim.Berkat raihan 42.884 suara, PSI Surabaya akan mengirimkan kadernya masuk DPRD Jatim untuk kali pertama.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 1 yang berpeluang lolos DPRD Jatim : 

  1. Yordan M. Batara-goa (PDI P)
  2. Cahyo Harjo Prakoso (Gerindra)
  3. Musyafak (PKB)
  4. Erick Komala (PSI)
  5. Lilik Hendarwati (PKS)
  6. Fuad Benardi (PDI P)
  7. Rasiyo (Demokrat)
  8. Blegur Prijanggono (Golkar)

Dapil Jatim 2 (Sidoarjo) : PKB masih konsisten memimpin perolehan suara di dapil ini.Memperoleh 136.306 suara (25,22 persen), PKB berpeluang mendapatkan 2 kursi dari total 6 kursi di dapil ini.Sedangkan partai lainnya yang berpeluang mendapatkan kursi adalah Gerindra, PDI Perjuangan, dan Golkar. Sedangkan untuk kursi terakhir, PAN bersama Demokrat masih menjaga asa untuk bersaing.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 2 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Anik Maslachah (PKB)
2. Benjamin Kristianto (Gerindra)
3. Hari Yulianto (PDI P)
4. Adam Rusydi (Golkar)
5. Sriatun (PKB)
6. Khulaim Junaidi (PAN)/Dedi Irwansa (Demokrat)

Dapil Jatim 3 (Kota/Kabupaten Probolinggo – Pasuruan) : Empat daerah di daerah pemilihan ini masih menjadi lumbung suara bagi PKB dan Gerindra. Di dapil ini, masing-masing berhasil mengemas 2 kursi dari total 9 kursi yang diperebutkan.

Di samping itu, ada pula PDI P dan Golkar yang berpeluang turut merebut 1 kursi. Sedangkan PKS berhasil mengamankan kursi setelah pada pemilu sebelumnya gagal meraih satu pun kursi dari dapil tersebut.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 3 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Aida Fitriati (PKB)
2. Soemarjono (Gerindra)
3. Syaifullah (Golkar)
4. Eddy Paripurna (PDIP)
5. Siti Salamah (NasDem)
6. Multazamudz Dzikri (PKB)
7. Naufal Alghifary (Demokrat)
8. Noer Syamsi Zakaria (Gerindra)
9. Tohari (PKS)

Dapil Jatim 4 (Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo) : PKB menang besar di dapil ini dengan raihan suara mencapai 278.958 suara . Dari 9 kursi yang diperebutkan di dapil tersebut, 3 di antaranya berpeluang direbut PKB.Gerindra di dapil tersebut mengemas 2 kursi atau naik 1 kursi dari pemilu sebelumnya. Sedangkan PDI P kemungkinan besar turun dan hanya mendapatkan 1 kursi di dari dapil tersebut.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 4 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Ma`mulah Harun (PKB)
2. Ahmad Hadinuddin (Gerindra)
3. Martin H (PDIP)
4. Pranaya Yudha Mahardhika (Golkar)
5. Zeiniye (PPP)
6. Ubaidillah (PKB)
7. Agung Mulyono (Demokrat)
8. Bima Rafsanjani Rafid (Gerindra)
9. Yoyok Mulyadi (PKB)

Dapil Jatim 5 (Jember Lumajang) : Politisi Gerindra, Muhammad Fawait untuk sementara menyumbang perolehan secara signifikan bagi partainya. Mendapatkan 102.335 suara, Gus Fawait sekaligus membantu partainya mendapatkan 3 kursi dari 11 kursi yang diperebutkan di dapil ini. PKB dan PDI Perjuangan berhasil mendapatkan 2 kursi untuk masing-masing partai. Sedangkan NasDem, PKS, Golkar, dan PPP masing-masing mendapat 1 kursi.

 Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 5 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Muhammad Fawait (Gerindra)
2. Anang Akhmad Syaifuddin (PKB)
3. Agus Wicaksono (PDIP)
4. Suigsan (Golkar)
5. Khusnul Khuluk (PKS)
6. Satib (Gerindra)
7. Rofik (PPP)
8. Lailatul Qodriyah (PKB)
9. Deni Prasetya (NasDem)
10. Hermin (Gerindra)
11. Eko Yunianto (PDIP)

Dapil Jatim 6 (Malang Raya) : PDI Perjuangan kembali meraih kursi terbanyak dengan perolehan kursi mencapai 3 kursi dari 11 kursi yang diperebutkan. Satu di antaranya diraih Dewanti Rumpoko yang merupakan mantan Wali Kota Batu.Selain PDI Perjuangan, PKB dan Gerindra juga meraih sukses dengan mendapatkan 2 kursi DPRD Jatim. Bagi Gerindra, ini merupakan peningkatan dibandingkan pemilu 2019 yang baru mendapatkan 1 kursi.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 6 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Gunawan (PDIP)
2. Hikmah Bafaqih (PKB)
3. Chusni Mubarok (Gerindra)
4. Siadi (Golkar)
5. Dewanti Rumpoko (PDIP)
6. Dewi Irvani (PKS)
7. Khofidah (PKB)
8. (Aufa Zhafiri) Gerindra
9. Jajuk Rendra Kresna (NasDem)
10. Saifudin Zuhri/Sri Untari (PDIP)
11. Makhrus Sholeh (PPP)

Dapil Jatim 7 (Kota/Kabupaten Blitar, Tulungagung) : Di dapil yang membawahi daerah dengan sebutan Bumi Bung Karno ini PDIP berhasil meraih 2 kursi dari 7 kursi yang diperebutkan.Seperti halnya PDIP, PKB juga sukses meraih 2 kursi.Sedangkan 3 kursi lainnya diisi oleh tiga partai berbeda.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 7 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Erma Susanti (PDIP)
2. Ahmad Tamim (PKB)
3. Ferdians Reza Alvisa (Gerindra)
4. Jairi Irawan (Golkar)
5. Heri Romadhon (PAN)
6. Guntur Wahono (PDIP)
7. Laili Abidah (PKB)

Dapil Jatim 8 (Kota/Kabupaten Kediri) : Mantan Wali Kota Kediri dua periode, Abdullah Abu Bakar sukses meraih suara cukup signifikan untuk Partai Amanat Nasional (PAN). Mencapai 122.922 suara, suara Abu Bakar untuk sementara menjadi suara caleg tertinggi di Jawa Timur. Sekalipun demikian, suara PAN di dapil tersebut masih kalah dari PDI Perjuangan untuk sementara. PAN pun berpotensi hanya mendapatkan 1 kursi di dapil ini.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 8 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Wara Sundari Renny Pramana (PDIP)
2. Abdullah Abu Bakar (PAN)
3. Erjik Bintoro (PKB)
4. Khusnul Arif (NasDem)
5. Ro’aitu Nafif Laha (Gerindra)
6. Hadi Setiawan (Golkar)

Dapil Jatim 9 (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, Magetan) : Partai Demokrat memuncaki perolehan suara dengan 291.847 suara di dapil Jatim 9. Adalah Indra Widya Agustina yang merupakan keponakan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekaligus kakak Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menjadi caleg dengan peraih suara terbanyak sementara dengan raihan 107.030 suara. Selain Demokrat, ada PDI Perjuangan, Gerindra, dan PKB yang berpotensi mendapatkan dua kursi di dapil ini. Perolehan kursi PDI P di dapil ini berpotensi turun dari pemilu 2019.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 9 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Indra Widya Agustina (Demokrat)
2. Deni Wicaksono (PDIP)
3. Kholiq (PKB)
4. Darmawan Sutanto (Gerindra)
5. Atika Banowati (Golkar)
6. Agus Cahyono (PKS)
7. Miseri Efendy (Demokrat)
8. Mirza Ananta (NasDem)
9. Agus Black Hoe Budianto (PDIP)
10. Siti Mukiyarti (PKB)
11. Suli Daim (PAN)
12. Hartono (Gerindra)

 Dapil Jatim 10 (Mojokerto, Jombang) : PKB berpeluang mendapatkan 2 kursi di dapil ini setelah mendapat 225.150.suara. Sedangkan kursi PDI P turun tajam dari yang awalnya mendapatkan 3 kursi di pemilu 2019 menjadi hanya 1 kursi saja di pemilu 2024.

Satu-satunya kursi PDI Perjuangan ditempati Istri mantan Wakil Bupati (Wabup) Jombang Sumrambah, Wiwin Sumrambah. Berikut

Daftar Caleg Dapil Jatim 10 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Ahmad Athoillah (PKB)
2. Farid Kurniawan Aditama (Gerindra)
3. Wiwin Sumrambah (PDIP)
4. Suwandy (NasDem)
5. Mokhammad Soleh (Demokrat)
6. Sumardi (Golkar)
7. Salim Azhar (PKB)
8. Hidayat (Gerindra)/Sabila Syafa’ata Madinah (PAN)

Dapil Jatim 11 (Kabupaten dan Kota Madiun, Nganjuk) : Di dapil Jatim 11, PKB untuk sementara memimpin dengan perolehan suara mencapai 166.147 suara. Dengan perolehan ini, PKB berpeluang mengamankan dua kursi dari total 7 kursi yang diperebutkan.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 11 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Muhammad Ashari (PKB)
2. Ida Bagus Nugroho (PDIP)
3. Imam Makruf (Gerindra)
4. Haris Wicaksono Wibowo (NasDem)
5. Mayjen TNI (Purn.) Dr. Istu Hari Subagio (Golkar)
6. Nuruz Zaman (PKB)

Dapil Jatim 12 (Tuban-Bojonegoro) : Partai Golkar menyodok ke peringkat kedua perolehan suara terbanyak di dapil Jatim 12 dengan 216.711 suara. Golkar hanya kalah dari PKB yang memimpin perolehan suara sementara dengan 229.613 suara.

Atas capaian tersebut, Golkar berpeluang mengamankan dua kursi DPRD Jatim atau sama halnya dengan jumlah kursi yang didapat PKB. Kursi Golkar nantinya akan ditempati Aulia Hany Mustikasari yang merupakan kakak Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky serta putri sulung mantan Bupati Tuban dua periode Haeny Relawati.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 12 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Fauzan Fu`adi (PKB)
2. Aulia Hany Mustikasari (Golkar)
3. Budiono (Gerindra)
4. Muhammad Mughni (PKB)
5. Freddy Poernomo (Golkar)
6. Ony Setiawan (PDIP)
7. Sri Wahyuni (Demokrat)

Dapil Jatim 13 (Gresik-Lamongan) : PKB berhasil mempertahankan predikat sebagai pemimpin perolehan suara di dapil Jatim 13. Mendapat 185.692 suara, PKB berpeluang mengamankan 2 kursi di dapil ini.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 11 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:
1. Makin Abbas (PKB)
2. Hasanuddin (PDIP)
3. MH. Rofiq (Gerindra)
4. Husnul Aqib (PAN)
5. Kodrat Sunyoto (Golkar)
6. Much Abdul Qodir (PKB)
7. Ahmad Iwan Zunaih (NasDem)
8. Samwil (Demokrat)

Dapil Jatim 14 (Madura Raya) : Jumlah kursi yang diperebutkan di dapil yang membawahi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep ini cukup besar. Sama halnya dengan Jatim 9, jumlah kursi di dapil 14 mencapai 12 kursi.

Berdasarkan hitungan sementara di 3.194 TPS (26,36 persen TPS di dapil Jatim 14), PKB berpeluang mendapatkan 3 kursi.

Sedangkan PBB yang sebelumnya mendapatkan 1 kursi di pemilu sebelumnya berpotensi kehilangan kursi di pemilu tahun ini.

Berikut Daftar Caleg Dapil Jatim 14 yang berpeluang lolos DPRD Jatim:

  1. Nur Faizin (PKB)
  2. Achmad Iskandar (Demokrat)
  3. Abrari (PDIP)
  4. Harisandi Savari (PKS)
  5. Yanto/Abdul Halim (Gerindra)
  6. Alyadi (PKB)
  7. Agus Wahyudi (NasDem)
  8. Zainal Abidin (Demokrat)
  9. Mahhud (PDIP)
  10. Nurul Huda (PPP)
  11. Nurfitriana (PKB)
  12. Muhammad Bin Mu’afi Zaini (Golkar)

(hk)

Related Articles

Back to top button