Jateng Raya

Polres Blora Pantau dan Awasi Penyaluran Bansos

BLORA – HKNews.info : Untuk memastikan keamanan dan kelancaran pendistribusian bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat, Polres Blora Polda Jateng melakukan pemantauan dan pengawasan penyaluran bantuan sosial tunai dan non tunai bagi masyakakat miskin terdampak Covid-19.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, SIK., mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan seluruh anggota, terutama Bhabinkamtibmas untuk selalu menjalin sinergi dengan Babinsa maupun pemerintah desa di wilayah binaan dalam pengawasan penyaluran bantuan sosial.

“Kita Instruksikan Bhabinkamtibmas untuk bersama Babinsa maupun pihak terkait lainnya agar bantuan sosial tepat sasaran,” ucap Kapolres Blora, Senin, (26/07/2021).

Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama menambahkan bahwa anggota di lapangan terutama para Bhabinkamtibmas harus memahami situasi dan kondisi di wilayah binaan, dimana dalam penyaluran bantuan sosial diharapkan kehadiran petugas baik TNI maupun Polri, untuk melakukan pengamanan.

“Semua pihak harus bersinergi dan bekerja sama, sehingga penyaluran bansos berjalan lancar. Hindari konflik ataupun kejadian lain yang tidak diinginkan,” ucap Kapolres.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sumber Polsek Kradenan Briptu Aris Fudiansah bersama Babinsa Koramil Sertu Suhardi, memantau penyaluran Bantuan Sosial Beras dari Kementerian Sosial di Balai Desa Sumber Kradenan.

Adapun menurut data di lapangan hari ini dibagikan sebanyak 508 paket beras kepada warga desa setempat, dan teknis penyaluran dilakukan melalui dukuhan masing masing. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan warga.

Kapolsek Kradenan AKP Lilik Eko Sukaryono, SH., MH., menyampaikan bahwa pemantauan penyaluran Bansos ini adalah untuk memastikan keamanan dan kelancaran diwilayah, serta untuk memastikan tidak adanya penyelewengan. “Jangan sampai ada penyelewengan Bansos, karena Bansos ini adalah untuk masyarakat yang membutuhkan,” beber Kapolsek Kradenan.

Ia menjelaskan dalam melakukan pengawasan pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan juga Babinsa, sehingga penyaluran Bansos dapat berjalan lancar.

“Alhamdulilah sampai saat ini lancar tidak ada kendala,” ucapnya.

Sementara itu, kepala Desa Sumber, Aris Susanto mengatakan bahwa pemerintah desa sangat terbantu dengan kehadiran petugas kepolisian dan TNI yang aktif dilapangan.

“Dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kami lebih tenang dan pembagian bansos pun lancar,” kata Aris.

Pemantauan pembagian bantuan sosial bukan hanya di wilayah kecamatan Kradenan saja. Namun seluruh Bhabinkamtibmas Polres Blora akan melakukan hal serupa di seluruh 16 Polsek jajaran untuk memastikan bantuan sosial tepat sasaran dan tidak ada penyelewengan.(had).

Related Articles

Back to top button