Jateng Raya

Polrestabes Semarang Gelar Diskusi Gayeng Polisi Hebat Semarang (LIBAS)

SEMARANG – HKNews.info : Dalam rangka peningkatkan pelayanan Masyarakat, Polrestabes Semarang melaksanakan Diskusi Libas Gayeng yang berlangsung di aula Polrestabes Semarang, Rabu (3/11/2021).

Kegiatan diskusi dibuka oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum., Kemudian untuk pembicara atau pengisi materi diskusi langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang DR. Bambang Pramusinto, SH., SIP., M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan diskusi yaitu PJU Polrestabes Semarang, Kapolsek Semarang Barat, Kapolsek Gajahmungkur, Kapolsek Semarang Selatan, Kapolsek Genuk, Biro Kerja sama Urusan Internasional Universitas Dian Nuswantoro, Tim Penulis Buku Libas, Wartawan Media cetak dan online Kota Semarang, Perwakilan Pelaku Usaha Kota Semarang, dan Korban Curras di Jalan Pemuda Semarang.

Dalam sambutanya Kapolrestabes Semarang mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang prima tentang antisipasi tindak pidana dan ungkap kasus, Polrestabes Semarang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang telah bekerja sama memasang ratusan kamera pengintai atau CCTV di seluruh titik kawasan. Kehadiran CCTV dianggap sangat membantu kinerja aparat kepolisian untuk melacak pelaku kejahatan dan mencegah suatu peristiwa kriminal.

Lanjutnya, kedepan akan di pasang CCTV di tempat keramaian yaitu di pasar, titik-titik rawan kecelakaan, tempat kegiatan demo menyampaikan pendapat dimuka umum, tempat wisata. Serta akan disempurnakan dengan hasil lebih jelas dan jernih. sehingga dalam jarak yang jauh bisa terlihat pelaku kriminal atau pun kejadian yang terjadi lebih detail.

Sedangkan DR. Bambang Pramusinto dalam sambutanya mengatakan Sinergitas dan Kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang dengan Polrestabes Semarang telah berkembang terus dengan kehadiran CCTV di tiap ruas jalan Kota Semarang hingga di tiap RT. Sehingga sangat membantu kinerja aparat kepolisian untuk melacak pelaku kejahatan dan mencegah suatu peristiwa kriminal.

Kapolrestabes Semarang menambahkan bahwa Polrestabes Semarang telah memiliki aplikasi Libas sebagai upaya memberi keamanan dan kenyamanan warga Kota Semarang. Aplikasi terkoneksi dengan seluruh anggota Polrestabes Semarang, sehingga jika ada masalah dapat segera dibantu.

Aplikasi Libas sebagai bentuk pengamanan secara mobile dan digital guna mengantisipasi maraknya aksi kejahatan. Aplikasi Libas bisa diakses melalui telepon berbasis android dengan mengunduh di playstore.

“Aplikasi Libas sebagai langkah untuk memberikan perlindungan serta pelayanan masyarakat Kota Semarang. Diharapkan bisa efektif untuk membantu masyarakat jika melihat maupun mengalami permasalahan,” kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar.

Sebab aplikasi terhubung dengan server di Polrestabes Semarang dan langsung terkoneksi dengan telepon genggam milik seluruh anggota kepolisian setempat. Baik yang melakukan pengamanan maupun sedang berada di luar dinas.

Dalam fitur aplikasi Libas, terdapat tombol virtual SOS yang bisa memanggil anggota kepolisian jika masyarakat melihat maupun mengalami kejadian kejahatan. Aplikasi juga terkoneksi dengan aplikasi pelayanan milik Pemkot Semarang terkait pelayanan kesehatan maupun pelayanan pengaduan lainnya.

Kapolrestabes juga menuturkan, bahwa Polrestabes Semarang juga mempunya Team Elang Hebat Semarang (TEBAS) adalah team yang memiliki kemampuan tehnis khas Kepolisian (khusus) yang ditugaskan untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan dan keterlibatan masyarakat selama 24 jam.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, masukan serta testimoni dalam penggunaan Aplikasi Libas dan situasi kamtibmas di Kota Semarang oleh peserta diskusi yang dijawab langsung oleh Kapolrestabes dan akan dirangkum dan dituangkan dalam pembuatan Buku Libas.

Peserta diskusi, Sredi yang merupakan pelaku usaha di daerah Kranggan semarang mengucapkan, terimakasih kepada Polrestabes Semarang yang telah mengundang dalam kegiatan diskusi, Sredi juga menuturkan telah terbantu dengan adanya aplikasi libas dan kehadiran Team Tebas sehingga situasi kamtibmas di wilayah Kranggan Semarang dan sekitarnya telah aman dan kondusif.

Sedangkan Peserta diskusi lainya yaitu Slamet Riyadi yang merupakan salah satu Korban tindak pidana curas di Jalan Pemuda Semarang mengucapkan terimakasih kepada Polrestabes Semarang dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang dengan adanya CCTV di sekitar TKP Pelaku dapat di tangkap oleh Polrestabes Semarang. (had/hms).

Related Articles

Back to top button