Halo Surabaya

Ramadhan Tahun Ini, LSM MAKI Santuni Anak Yatim – Piatu Dari Masyarakat Perkampungan

Melaksanakan Binaan Bagi Siswa/i Yatim Piatu di Tingkat SMA/SMK dan Perguruan Tinggi

SURABAYA – HKNews.info : Di tengah kesibukannya turut mengawasi kinerja pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) tak lupa menunjukkan kepeduliannya terhadap anak – anak yatim dan yatim – piatu serta orang tidak mampu. Apalagi turut merasakan nestapa mereka yang terdamak Pandemi Covid-19.

Ketua LSM MAKI, Heru Satriyo, S.Ip

Maka di bulan suci Ramadhan ini, serta demi menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1442 H, LSM MAKI menggelar acara Buka Bersama (Bukber) dengan mengundang dan memberi santunan kepada 235 anak yatim piatu dari Kota Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Acara diselenggarakan di kediaman Ketua LSM MAKI, Heru Satriyo, S.Ip, di kawasan Perumahan Juanda Blok CC/18, Sidoarjo, Sabtu (08/05), sore.

“Acara ini adalah kegiatan resmi tahunan, sejak 2012 lalu, dimana MAKI sebelumnya  sudah mempunyai anak binaan,” tutur Ketua LSM MAKI, Heru Satriyo,S.Ip, seraya menyaksikan anak – anak yatim dan yatim – piatu mendengarkan ceramah Gus Mat dari Kepuh Kiriman, Surabaya.

Istimewanya, untuk kali ini MAKI sengaja menurunkan tim khusus yang ditugaskan ‘blusukan’ ke kampung – kampung di wilayah Sidoarjo dan Surabaya, untuk mencari dan menemukan anak – anak yatim dan anak yatim – piatu, sehingga tercakup-lah sebanyak 235 anak tersebut. Dan bukannya mengundang dari panti asuhan atau yayasan anak yatim – piatu. “Kita siapkan penjemputan dan pengantaran kembali anak – anak yatim piatu tersebut. Makanya di ujung anda bisa lihat mokrolet – mikrolet yang siap mengantar – jemput dari dan ke acara ini,” kata Heru.

Selain itu, santunan diberikan kepada warga disekitarnya yang tidak mampu dan tenaga keamanan. “Kami juga memberikan santunan kepada warga sekitar yang terlihat tidak mampu dan sekuriti perumahan ini,” tambahnya.

Santuni Anak yatim – piatu
Santuni Anak yatim – piatu

Terkait binaan, hingga kini LSM MAKI masih diback-up oleh CSR PT Petrokimia, Gresik, untuk mendukung pendidikan remaja – remaja yatim piatu dan tidak mampu setingkat SMA/SMK dan kuliah di perguruan tinggi. “Terakhir kita bantu 5 orang siswa yatim piatu di SMKN Boyolangu, Tulungagung. Ceritanya, mereka yang sudah tidak memiliki ayah, tiba – tiba ibunya juga meninggal dunia. Alhamdulillah, Kadis Pendidikan Jatim, pak Wachid Wahyudi memberikan apresiasi untuk mereka bebas SPP. Selain itu mereka langsung kita masukkan data ke CSR PT Petrokimia Gresik.

Saat dikonfirmasi, Atik, salah satu penerima santunan, mengaku senang menerima berkah bantuan ini. “Saya Senang sekali Pak, bisa makan bersama dan diberi uang di amplop. InsyaAllah uang nya di tabung dan buat lebaran, ” katanya dengan muka ceria.

Santuni Warga Tidak Mampu
Anak – anak Yatim – Piatu mendengarkan ceramah dari Gus Mat

Kegiatan sosial ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari PT. Petrokimia Gresik. “Atas nama MAKI, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada PT. Petrokimia Gresik yang telah mendukung acara ini,” kata Heru, menambahkan.

Ia berharap, kedepannya masih bisa berbuat kebaikan untuk anaknya yatim piatu dan orang tidak mampu. “InsyaAllah tahun depan, MAKI masih mampu memberikan santunan lagi, ” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Camat Sedati, Danramil Sedati, Pak Trikora, Ketua Paguyuban Permata Juanda, Ketua PP Surabaya, H Andi Baso. (yok)

Related Articles

Back to top button