Halo SurabayaNasional

Dibantu Lantamal V, Pemkot Surabaya Bakal Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam NTT

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama jajarannya mengunjungi Posko Bantuan Kemanusiaan yang didirikan Lantamal V, di Jalan Sarwajala (Jala Jaya) No 2, Ujung, Semampir, Surabaya, Kamis (8/4/2021). Kunjungan ini dilakukan dalam wacana pemberangkatan bantuan untuk korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kedatangan orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini disambut hangat oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal. Turut mendampingi pula, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Sri Sulistio beserta para asisten dan Danpomal Lantamal V Letkol Laut (PM) Nurul Fatta Lubis.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa Pemkot Surabaya berencana memberikan bantuan untuk korban bencana alam di NTT. Bantuan dari pemkot dan masyarakat Surabaya ini, akan disalurkan melalui Posko Jala Jaya yang didirikan Lantamal V.

“Insya allah kami akan memberikan bantuan ke NTT. Dan beliau (Danlantamal V) tadi menyampaikan akan memberangkatkan kapal. Insya allah tanggal 10 (April 2021) berangkat dari Surabaya,” Wali Kota Eri Cahyadi di sela kunjungannya itu.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Danlantamal V beserta jajarannya, karena telah membantu memfasilitasi pemkot mendistribusikan bantuan ke NTT. Wali Kota Eri Cahyadi berharap, bantuan ini dapat meringankan beban dan bermanfaat bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana alam di NTT.

“Kami (pemkot) dan saya pribadi sebagai Wali Kota Surabaya mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Lantamal V karena berkenan membawa bantuan Pemkot Surabaya ke NTT,” tutur dia.

Sementara itu, Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal menyampaikan, pendirian Posko Bantuan Kemanusiaan ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Tujuannya yakni, untuk membantu meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana.

“Kami sesuai dengan arahan pemimpin TNI AL, Bapak Kasal memerintahkan kepada jajaran dibawahnya untuk berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Lantamal V diperintahkan untuk membangun posko kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di NTT,” kata Danlantamal V.

Danlantamal V juga menjelaskan, bahwa bantuan yang sudah terkumpul melalui Posko Jala Jaya ini, selanjutnya diserahkan kepada Koarmada II. Nantinya bantuan akan diberangkatkan menggunakan KRI.

“Mengenai kapal atau KRI yang akan diberangkatkan, tentunya kami akan serahkan kepada Panglima Koarmada II. Yang pertama kemarin (bantuan) sudah diberangkatkan satu KRI Oswald Siahaan dengan membawa bantuan dari Surabaya termasuk dari masyarakat,” ungkapnya.

Rencananya, distribusi bantuan gelombang kedua bakal berangkat pada tanggal 10 April 2021. Distribusi bantuan itu, kata Danlantamal V, berencana berangkat menggunakan KRI Semarang menuju lokasi bencana di NTT.

“Kami ucapkan terima kasih kepada wali kota dan masyarakat Surabaya yang turut membantu meringankan beban para korban bencana alam saudara-saudara kita di NTT. Semoga ini bermanfaat,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button