Halo Surabaya

Perpustakaan Pintar Jambangan Bisa Jadi Percontohan di Surabaya

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengikuti lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) di tahun 2022. Dalam kesempatan ini, Pemkot Surabaya menjadikan Perpustakaan Pintar di Kelurahan Jambangan sebagai gacoannya.

Segenap perwakilan dari jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim dan tim juri melakukan visitasi dan menilik fasilitas serta program di perpustakaan pintar Kelurahan Jambangan, Sabtu (6/8/2022). “Visitasi ini bagian dari tahapan lomba perpustakaan desa/kelurahan setiap tahunnya seperti ini,” kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Disperpusip Jatim, Dwi Widjajaningsih.

Dwi menjelaskan, visitasi kali ini adalah untuk melihat langsung, sesuai tidaknya dengan presentasi yang dipaparkan oleh masing – masing perpustakaan desa/kelurahan. Dalam lomba ini, ia menjelaskan ada 10 poin penilaian perpustakaan desa/kelurahan tahun ini.

“Mulai sarana prasarananya, organisasinya, tenaganya, pengelolaan, inovasi, presentasi saat visitasi dan masih banyak lainnya,” ujar dia.

Lomba ini dilaksanakan di enam kabupaten/kota di Jatim, mulai akhir Juli hingga akhir Agustus 2022. Ia berharap, di awal September 2022 mendatang sudah bisa diumumkan dan ditentukan pemenangnya dari enam nominator yang berpartisipasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Surabaya, Mia Santi Dewi menyampaikan, alasan kenapa perpustakaan kelurahan Jambangan yang diikutsertakan dalam lomba ini. Menurutnya, perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan ini punya banyak kelebihan, antara lain yakni kesolidan kolaborasi antara warga dengan kelurahan dan kecamatan.

“Kenapa di Jambangan, karena perpustakaan di sini punya banyak manfaat bagi masyarakat. Mulai dari usaha kuliner, budidaya ikan lele, hingga budidaya tanaman hidroponik,” kata Mia.

Mia berharap, Perpustakaan Pintar Jambangan ini bisa dijadikan percontohan kelurahan/kecamatan lain di Kota Surabaya. “Kami harap bisa memotivasi dan menginspirasi kelurahan/kecamatan lainnya, agar memberi dampak positif bagi masyarakatnya,” harap Mia.

Di samping itu, Camat Jambangan, Annita Hapsari Oktorina Sesoria juga menyampaikan harapannya, Perpustakaan Pintar Jambangan bisa memberikan dampak positif bagi warganya. Selain itu, dengan adanya Perpustakaan Pintar Jambangan masyarakat diharapkan bisa lebih sejahtera.

“Fasilitasnya kami bukan hanya ada perpustakaan, tapi juga ada kolam lele, di beberapa sudut ada gazebo pintar dan kafe satu padu yang bisa dimanfaatkan masyarakat, mempelajari berbagai ilmu,” pungkas Annita. (yok)

Related Articles

Back to top button