Jateng Raya

Sambut Peringatan HUT TNI Ke-76 dan HUT Ke-71 Kodam IV/Diponegoro Gelar Tabligh Akbar dan Doa Bersama

SEMARANG – HKNews.info – Jajaran Kodam IV/Diponegoro menggelar kegiatan tabligh akbar dan doa bersama secara virtual dalam rangka memeringati puncak peringatan HUT ke-76 TNI dan HUT ke-71 Kodam IV/Diponegoro di Balai Kodam IV/Diponegoro Jl. Perintis Kemerdekaan , Watugong, Semarang, Senin (4/10/2021).

Selain dihadiri Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maemoen, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, SH, S.St, MK serta kyai kharismatik asal Pekalongan Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya yang semula diharapkan dapat hadir secara virtual, namun kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan hingga mewakilkan kepada K.H. Sam’ani Sya’roni, M.A dan K.H. Munif Muhammad Zuhri.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Rudianto mengingatkan kepada jajaran anggota TNI dalam kondisi yang serba terbatas untuk tetap berupaya menjalankan program-program kegiatan Kodam IV/Diponegoro dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-76.

Adapun rangkaian kegiatan dalam memeringati HUT TNI ke-76 dan HUT ke- 71 Kodam IV/Diponegoro telah dilaksanakan kegiatan donor darah, vaksinasi dan bhakti sosial.

“Semoga seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh jajaran Kodam IV/Diponegoro dapat menjadi pahala,” harap Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam meminta kepada jajarannya untuk menjadikan peringatan HUT TNI ke-76 ini sebagai momen evaluasi diri dari hal-hal yang positif dan kekurangan yang ada.

“Jadikan hal-hal yang positif untuk ditingkatkan, dan perbaiki semua kekurangan sehingga menjadi lebih baik kedepannya,” imbuh Pangdam.

Melalui kegiatan ini Mayjen TNI Rudianto tak lupa mengajak berdoa untuk para Pahlawan maupun prajurit yang telah gugur demi menjalankan tugas menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI agar mereka mendapatkan tempat terbaik disisi Tuhan YME. Dan juga mendoakan anggota TNI yang saat ini sedang menjalankan tugas supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mendoakan yang sedang sakit agar segera diberikan kesembuhan.

Mayjen TNI Rudianto mengungkapkan, ujian pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tak ada satupun negara yang mempunyai konsep tepat serta SOP yang bagus dalam menanganinya. Namun bagi Indonesia ada nilai-nilai yang memberikan kelebihan dalam penanganan pandemi Covid-19 yaitu, semangat gotong royong, kebersamaan, bahu membahu sehingga angka penurunan Covid-19 nyata terlihat.

“Kita tidak bisa hidup sendiri, kita tidak bisa menangani pandemi ini sendiri, kita harus melibatkan seluruh komponen dan kekuatan sumber daya nasional untuk bekerja sama bahu membahu dengan seluruh stakeholder yang ada. Together We Can (Bersama-sama kita bisa),” terang Pangdam.

Selaras dengan semangat dan tema yang dicanangkan oleh Panglima TNI pada peringatan HUT TNI ke-76 tahun ini ‘Bersatu berjuang kita pasti menang’.

“Kebersamaan adalah segala-galanya,” tegas Mayjen TNI Rudianto.

Ditempat yang sama Kapolda Jawa Tengah juga mengungkapkan rasa bangganya sebab dalam perayaan HUT TNI dan HUT Kodam IV/Diponegoro kali ini tidak hanya dilakukan oleh keluarga besar TNI, tetapi dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Saya mewakili Polda Jateng mengucapkan selamat HUT ke-76 TNI dan selamat atas HUT ke 71 Kodam IV/Diponegoro, bersatu berjuang kita pasti menang,” ucap Kapolda.

Dikatakan Kapolda, sinergitas Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jawa Tengah diibaratkan mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Peran TNI Polri muncul saat negara memanggil, dimana Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan leading sector kesatuan terkecil untuk melakukan penetrasi Covid-19.

“Ini merupakan satu perwujudan Polda Jawa Tengah dengan Kodam IV/Diponegoro terkait sinergitas tanpa pandang bulu dari kesatuan terkecil sampai kesatuan terbesar,” kata Kapolda.

“Sinergitas Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro akan terus ditingkatkan, karena TNI Polri merupakan benteng negara dalam situasi apapun dan dimanapun saat negara memanggil,” pungkas Kapolda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono, Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Aby Ismawan, Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P., M.M., Asrendam Kolonel Inf Hery Setiyanto, para Asisten Kasdam, Pa Liaison, Kabalakdam IV/Diponegoro serta para jamaah jajaran prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro. (had).

Related Articles

Back to top button