Halo Surabaya

Gelaran AFC U-20 Tinggal Hitungan Hari, Pemkot Surabaya Ajak Warga Jadi Tuan Rumah yang Baik

SURABAYA – HKNews.info : Gelaran Kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023 tinggal hitungan hari. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pun telah memastikan kesiapannya sebagai venue pertandingan yang akan dihelat pada 14 – 18 September 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengajak masyarakat, khususnya di Kota Pahlawan, agar menjadi tuan rumah yang baik. Sebab, Surabaya akan menjadi tuan rumah pertandingan Grup F Piala AFC U-20 yang diisi Timnas Indonesia U-19, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

“Semua masyarakat di semua lini, semoga bisa menjamu tamu-tamu kita dengan baik. Mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik,” kata Wiwiek Widayati, Minggu (11/9/2022).

Terlebih, kata Wiwiek, dua stadion lain di Kota Surabaya juga digunakan sebagai tempat latihan dalam kualifikasi Grup F gelaran AFC U-20. Kedua stadion ini adalah Lapangan THOR (Tot Heil Onzer Ribbenkast) serta Gelora 10 November, Tambaksari.

“AFC sudah memilih dua tempat latihan. Yakni, di lapangan THOR dan Gelora 10 November. Artinya, dua tempat latihan ini sudah direkomendasikan oleh AFC,” ungkap dia.

Sekarang ini, dua tim telah tiba di Kota Surabaya. Keduanya adalah Timnas Indonesia U-19 serta Hongkong. Sedangkan dua tim lain, yakni Vietnam dan Timor Leste, rencananya tiba di Kota Pahlawan pada Senin, 12 September 2022

“Hari ini tim dari Hongkong berlatih di Gelora 10 November. Sementara dua tim lagi, rencananya tiba pada tanggal 12 September 2022,” ujarnya.

Menurut Wiwiek, sekarang ini baik Stadion GBT, THOR maupun Gelora 10 November, kondisinya dalam keadaan on the track. Artinya, stadion itu telah siap digunakan sebagai pertandingan maupun kegiatan pendukung seperti latihan. “Semuanya dalam kondisi on the track atau sudah siap,” jelasnya.

Apalagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melakukan pembenahan baik di sekitar area maupun di dalam Stadion GBT. Beberapa pembenahan itu antara lain, penguatan sinyal provider, penambahan CCTV, tribun penonton, press room, akses jalan, penanganan bau TPA hingga penunjuk arah Stadion GBT.

Sebelumnya, Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin menilai, sejauh ini upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam menyambut gelaran Piala AFC U-20, sudah sangat baik. Apalagi, satu persatu fasilitas yang belum terpenuhi sudah diwujudkan.

“Pemkot Surabaya telah memenuhi semua persyaratan Piala AFC. Bahkan yang sebelumnya menjadi catatan FIFA, kini satu persatu diwujudkan. Secara keseluruhan effort pemkot sudah luar biasa,” kata Amir.

Ia menambahkan, pada Kualifikasi Piala AFC U-20, kemungkinan besar FIFA akan hadir langsung untuk melihat pertandingan. Pihaknya berharap, melalui gelaran Piala AFC U-20 ini, dapat mengubah pandangan FIFA terhadap Stadion GBT. “Kami harap FIFA yakin, bahwa Surabaya siap menjadi tuan rumah piala dunia,” tandasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button