Derap Perwira

Aplikasi Absensi Online dan aplikasi Digital Mapping Dilounching Kapolda Jateng

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi lounching Aplikasi Absen Online dan Digital Mapping di Mapolda Jateng.

SEMARANG – HKNews.info – Kapolda Jateng Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Jateng Brigjen Pol. Abiyoso Seno Aji, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, PJU Polda Jateng serta Kapolres jajaran Polda Jateng  melaksanakan Launcing Aplikasi Polda Jawa Tengah, Senin (3/8/2020). Dua Aplikasi tersebut yaitu Aplikasi  “Absen Online” dan Aplikasi “Digital Mapping” Polda Jawa Tengah.

Pembuatan Aplikasi tersebut didasari oleh Peraturan Kepolisian Republik Indonesai No 13 Tahun 2015 Pada Tanggal 13 Agustus 2015 tentang Tata Cara Pembayaran Kinerja Bagi Pegawai Negeri di lingkungan Polri, dan Surat Keputusan Kementerian Kesehatan RI Nomor : HK.01.07/Menkes/382/2020 Tanggal 19 Juni 2020 tentang Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Keduanya merupakan aplikasi online absen mandiri untuk personil kepolisian yang secara otomatis menghitung besaran tunjangan kinerja yang diterima oleh setiap personil Kepolisian yang disesuaikan dengan jumlah jam kehadiran dalam melaksanakan dinas. Aplikasi ini bisa diunduh di google Plyastore untuk pengguna Hp Android.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi

“Kehadiran Aplikasi Absensi Online ini merupakan bentuk nyata transparansi dan akuntabilitas pembayaran tunjangan kinerja Anggota Polri dan PNS Polri,” ucap Kapolda Jateng.

Tunjangan kinerja merupakan penghargaan atas prestasi yang telah diraih oleh pegawai di lingkungan Polri dalam melaksanakan tugas guna terwujudnya reformasi birokrasi, sehingga pembayaran tunjangan kinerja harus diberikan sesuai dengan prestasi kerja masing-masing personil, tidak boleh ada penyimpangan yang dapat merugikan keuangan negara.

Aplikasi “Digital Mapping” Polda Jateng hadir adalah implementasi Commander Wish Kapolda Jateng dalam rangka memudahkan personil melakukan tugas Kepolisian serta memudahkan pimpinan melaksanakan pengawasan dan pengendalian untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolda Jateng menjelaskan bahwa pada Aplikasi baru tersebut mencakup 5 fitur meliputi : Potensi Konflik dan Kejadian Menonjol, Rengiat dan Kalender Kamtibmas, Update Tokoh Perorangan dan Kelompok Masyarakat, Penggalangan dan Patroli.

“Fitur-fitur tersebut harus diisi oleh Operator di tiap-tiap Polres sehingga setelah di Launching Aplikasi ini langsung dapat dioperasionalkan oleh seluruh Kasatker/Kasatwil. Untuk itu sudah saya perintahkan agar ditindaklanjuti Dua aplikasi ini,” tambah Kapolda.

Pada Kesempatan tersebut Direktur Utama Bank Jateng Bapak Supriyatno mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan kerjasama yang telah terjalin bersama Polda Jawa Tengah.

“Terima Kasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Jateng dan seluruh jajaran Polda Jateng, atas kepercayaannya kepada Bank Jateng, khususnya kerjasama pembuatan aplikasi absensi online “POLDA JATENG HADIR” dan pengelolaan dana Tunjangan Kinerja (Tunkin) anggota Polri dan PNS di beberapa Polres Di Jawa Tengah,” ucap Supriyatno.

Kapolda Jateng mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan aplikasi ini.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dirintel, Kabidkeu dan Kabid TIK Polda Jateng beserta jajaran yang telah melaksanakan upaya nyata dan kerja keras sehingga mampu membuiat terobosan kreatif berbasis IT ini,” tutup Ahmad Luthfi.(had/sai).

Related Articles

Back to top button