Mahasiswa – Pelajar Papua Nyaman Di Jawa Tengah. No Rasisme !

Para pelajar & mahasiswa Papua nyaman menimba ilmu di Jawa Tengah

SEMARANG – HKNews.info – Keramah-tamahan  penduduk di Jawa Tengah memang tidak di ragukan lagi “tepo seliro” nya, adalah budaya saling menghargai kepada sesama cukup kental masih berjalan di Jawa Tengah. Hal ini juga di rasakan oleh saudara-saudari kita mahasiswa dan pelajar asal Papua yang menuntut ilmu di jawa tengah.

Rata-rata mereka mengatakan  sangat senang ketika ditanya awak media, selama berada tinggal di Jawa Tengah. Dikatakan Anderson Natkimi salah satu pelajar ketika di tanya awak media mengenai kesan-kesan selama tinggal di Jawa Tengah, Senin (8/6/2020).

“Saya dan teman-teman merasa senang tinggal di Jawa Tengah, masyarakat di sini ramah-ramah, kami juga sering berkumpul  membaur bersama warga asli setempat, mereka baik-baik semua kepada kami, bahkan mereka juga perhatian kepada kami, kadang kami dan teman-teman sering oleh warga di berikan banyak makanan apalagi mereka yang habis punya hajat,” kata Anderson sambil tersenyum senang.

Seperti halnya Anderson, Wiliem, pelajar yang juga berasal dari Papua Barat yang saat ini menuntut ilmu di SMU 1 Kaeneman Kabupaten Batang mengatakan, “saya merasa senang tinggal di Kota Batang, teman-teman dan guru-guru di sini baik-baik semua, salam buat teman-teman di kota lain seperti yang ada di Semarang, Jogya, Magelang, Blora, Rembang,” ungkap wiliem.

Viska Friska pelajar putri dari Papua yang menuntut ilmu di SMU Marsudirini , juga mengatakan hal yang sama, teman-teman dan guru-guru sangat baik dan perhatian, “Papa, Mama kami disini aman baik-baik aja,” ungkap viska dihadapan awak media.

Simon pelajar putra dari Papua yg besekolah di SMU 1 Kota Kudus Jawa Tengah menyampaikan pesan kepada awak media ketika di temui di sela-2 belajar, ” Saya senang di sini semua memberikan perhatian kepada kami, kami cinta NKRI,” ungkap Simon.

Rata- rata pelajar dan Mahasiswa  asal Papua ini banyak yang berprestasi mereka punya semangat yang tinggi demi menyelesaikan studinya agar nantinya ketika lulus dapat memberi kontribusi untuk tanah kelahiran di Papua.

Selain pendidikan  formal banyak juga pelajar asal Papua yang masuk di beberapa pondok pesantren seperti santri Papua yang ada di kota Demak dan kota Rembang.

Untuk Mahasiswa, Pelajar dan pendatang  dari Papua, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga Kepolisian dan TNI selalu memberikan perhatian lebih.

Karena saudara kita dari Papua ini adalah mutiara- mutiara dari timur yg kelak akan menjadi pemimpin dan pewaris Negara Nesatuan Republik Indonesia. Mereka harus merasa nyaman menuntut ilmu disini, khususnya Jawa tengah.(had).

Related posts