HKsianaNasionalProfil

Dari Pertemuan Wali Kota Risma Dengan Gibran Rakabuming, Di Solo

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, saat pertemuan dengan Gibran Rakabuming

Solo – HKNews.info : Rumah makan “Pecel Solo” di kawasan Mangkubumen, Kota Solo, Jawa Tengah, siang itu, Rabu (4/3/2020), kedatangan rombongan Wali Kota Tri Rismaharini, dari Surabaya. Suasana pun mendadak ramai, di dalam nyaris penuh sesak oleh pengunjung, kendati di luar basah oleh guyuran air hujan.

Kian ramai suasana ketika tiba – tiba muncul, Gibran Rakabuming Raka, yang langsung menemui Wali Kota Risma. Keduanya langsung terlibat pembicaraan di salah satu sudut rumah makan, hingga menyita perhatian segenap pengunjung dan wartawan.

Agaknya kedatangan Wali Kota Risma dimanfaatkan oleh putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ini untuk menimba ilmu. Bak seorang ibu kepada anaknya, Wali Kota Risma terlihat memberikan penjelasan apa saja yang ditanyakan Gibran.

Dalam pertemuan yang dikemas santai dengan makan pecel di sebuah rumah makan di kawasan Mangkubumen Solo, Rabu (4/3/2020), Wali Kota Risma mengatakan, Gibran banyak bertanya apa saja yang telah dilakukannya di Surabaya, terutama soal bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga.

“Saya jelaskan ke mas Gibran bagaimana cara melakukan pemberdayaan UMKM, pemberdayaan anak muda, menata toko kelontong, pemberdayaan petani, bagaimana mengembangkan urban farming,” kata Wali Kota Risma.

Tak hanya itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menyampaikan, Gibran juga belajar bagaimana meningkatkan UMKM dan membuat startup untuk anak muda. “Setelah pertemuan ini, mungkin nanti akan ada pertemuan lagi,” katanya.

Menurut Wali Kota Risma, Gibran yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha akan lebih mudah membaca bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga.

“Apa yang diterapkan di Surabaya bisa dilakukan di kota lain. Tapi tidak bisa copy paste, karena karakter daerah berbeda. Jadi harus disesuaikan masing-masing daerah. Termasuk di Solo,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Gibran mengaku berterima kasih kepada Wali Kota Risma karena sudah mau menemuinya. “Tadi Bu Risma banyak bercerita bagaimana UMKM di Surabaya itu tumbuh. Bagaimana UMKM didampingi pengemasannya, brandingnya dan penjualannya,” kata Gibran.

Gibran mengaku, pertemuannya dengan Wali Kota Risma ini seperti kuliah pendek. Banyak ilmu yang bisa diserap sehingga nantinya bisa diterapkan di Kota Solo.

“Setelah ini mungkin akan ada pertemuan-pertemuan berikutnya. Masih banyak yang harus saya pelajari,” ungkapnya.

Di mata Gibran, Wali Kota Risma merupakan sosok wali kota yang sangat berprestasi, wali kota yang mau turun ke lapangan dan paham betul permasalahan-permasalahan di kampung serta bisa memberikan solusi yang cepat dan tepat.

Pertemuannya dengan Wali Kota Risma ini, Gibran mengaku atas inisiatifnya sendiri bukan atas perintah bapaknya yakni Presiden Jokowi. “Saat tahu Bu Risma mau ke Solo saya hubungi ajudannya jika saya ingin bertemu. Ternyata beliau bisa dan bersedia. Ya makan pecel ini. Mungkin nanti kapan-kapan saya yang akan ke Surabaya,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button