DipertaKP Jatim Buka Kompetisi Milenial Jadi Duta Pangan 2019

Kepala DipertaKP Jatim, Hadi Sulistyo

SURABAYA – HKNews.info : Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (DipertaKP Jatim), memandang penting melibatkan kaum milenial dalam peranan dan tugas meningkatkan kwalitas penganekaragaman pola konsumsi pangan masyarakat.

Sebab, seperti dituturkan Kepala Diperta KP Jatim, bahwa kaum milenial juga harus menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi dan aman, demi mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, berkwalitas dan berpenampilan prima untuk membangun karakter bangsa.

  Maka di dalam Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (DipertaKP), menyelenggarakan Duta Pangan Jawa Timur Tahun 2019, akan melibatkan generasi milenial.

Pendaftaran dan selektif administrasi dimulai tanggal 26 Agustus – 30 September 2019, yang akan diikuti oleh putra putri dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur, dengan sistem gugur. Para finalis yang lolos berhak ikut acara penobatan pada puncak acara peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-39 Tahun 2019.

Pemilihan Duta Pangan Jawa Timur Tahun 2019 ini akan menyeleksi putra putri Jawa Timur terbaik yang berprestasi, berwawasan dan memiliki kepedulian yang tinggi dalam memberikan Sosialisasi Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan khususnya pangan lokal.

Kepala DipertaKP Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan, Duta Pangan merupakan kegiatan yang kedua kalinya, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 lalu.
“Bedanya pada tahun 2019 ini untuk Duta Pangan yang terpilih (juara 1, red) nanti ada ikatan kontrak dan dilibatkan aktif pada kegiatan promosi yang prakarsai Disperta KP Jatim,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan Duta Pangan ini juga sebagai upaya memberdayakan peran pemuda dan pemudi Jawa Timur yang berprestasi, berwawasan yang memiliki kepedulian yang tinggi dalam mewujudkan penganekaragaman pangan.

“Tentunya kami ingin mendorong generasi muda untuk berkompetisi secara sehat dan berkomunikasi secara baik terkait dengan peran dan tugas yang diembannya untuk meningkatkan penganekaragaman pola konsumsi pangan masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, nantinya juri merupakan tim penilai dari seluruh rangkaian seleksi Pemilihan Duta Pangan Jawa Timur Tahun 2019, yang meliputi perwakilan dari juri penilai pengetahuan umum tentang pangan dan gizi serta pengetahuan umum lainnya, juri penilai kepribadian dan kemampuan Bahasa Inggris.

“Selain itu juga ada juri Penilai Kemampuan Public Speaking dengan gaya komunikasi, interaksi pergaulan dan budaya pop modern kekinian yang dapat diterima oleh semua golongan masyarakat,” ujarnya.

Jadi, lanjut Hadi, ajang Pemilihan Duta Pangan Jawa Timur 2019, ini menyeleksi putra putri terbaik Jawa Timur, yang berprestasi, berwawasan dan memiliki kepedulian tinggi dalam Sosialisasi Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan, khususnya pangan lokal. Pemilihan Duta Pangan Jawa Timur yang akan digelar sebagai salah satu kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-39 Tahun 2019. (her)

Related posts