Nasional

Tinjau Pengelolaan Air Limbah Terpadu di SIER, Wali Kota Eri Katakan : “Luar Biasa !” 

Dukung Strategi Industrialisasi Hijau Indonesia 2030

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan pujian setinggi langit terhadap instalasi pengolahan air limbah cair terpadu, yang ada di PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Bahkan Wali Kota Eri menyebut Waste Water Treatment Plant (WWTP) SIER jadi yang terbaik di Indonesia.

Pujian itu diberikannya, usai berkeliling melihat proses pengolahan limbah cair mulai dari sumur masuknya seluruh limbah dari tenant-tenant SIER, hingga limbah yang sudah diolah jadi air bersih bahkan bisa diminum airnya.

Wali Kota Eri menyempatkan diri melihat WWTP SIER, usai memberikan pengarahan dalam acara Navigating The Human Resources Landscape: Exploring Future Trends In Industry, di Hall Basrani Rizal, Wisma SIER Surabaya, Kamis (27/7/2023).

“PT SIER luar biasa dalam pengolahan limbahnya. Limbah ini dari seluruh pabrik yang ada di kawasan SIER diatur instalasinya lewat saluran khusus yang jadi WWTP Komunal. Air limbah yang kotor, bau dan berbahaya ini bisa diolah sedemikian rupa, hingga airnya bersih dan bisa diminum. Dan yang luar biasa, airnya didistribusikan ke pabrik-pabrik untuk digunakan lagi, semoga suatu saat bisa zero-spill sehingga pemanfaatan air menjadi optimal,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

Usai melihat WWTP SIER ini, ia ingin pabrik-pabrik yang ada di Kota Pahlawan lainnya untuk melihat pengolahan limbah cair di SIER, khususnya jika pabrik tersebut belum memiliki WWTP yang baik.

“Limbah itu wajar dihasilkan dari proses produksi, yang penting harus harus diolah sedemikian rupa. Jangan sampai melanggar ambang batas regulasi saat dibuang di sungai, karena nanti bisa menimbulkan pencemaran. Apalagi kalau sungai itu dimanfaatkan warga, tentu akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Alhamdulillah, pengolahan limbah SIER salah satu yang terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri juga memuji SIER yang telah menerapkan konsep green industry dan green building. Konsep sederhana penerapan itu adalah dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga surya.

“Konsep green ini bukan hanya kawasan yang banyak pohonnya. Tapi juga telah digunakannya energi terbarukan misalnya dari tenaga surya, aplikasi gedung yang tidak banyak menggunakan lampu. SIER saya lihat sudah menerapkan konsep green ini. WWTP ini memainkan peran penting dalam melindungi kesehatan masyarakat, menjaga kualitas air di sungai dan lautan, serta berkontribusi pada promosi praktik pengelolaan air yang berkelanjutan dan mendukung pengembangan masa depan yang lebih hijau dan bersih. kata Walikota termuda Surabaya ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono menambahkan, SIER berkomitmen dalam mendukung keterlibatan sektor swasta dalam berinvestasi dan mengembangkan inovasi hijau, edukasi dan pelatihan bagi pekerja untuk meningkatkan pemahaman tentang praktik industri hijau.

“Keseluruhan, sesuai arahan Pak Walikota Surabaya saat berkunjung di WWTP SIER tadi, perlu sinergi antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat sebagai kunci untuk mewujudkan industri hijau yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia, sesuai roadmap jangka panjang Strategi Industrialisasi Hijau Indonesia 2030,” tandas Wakil Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia ini. (yok)

 

Related Articles

Back to top button