Jateng Raya

Kapolsek Candisari Imbau Warga Tetap Waspada Saat Mudik

SEMARANG – HKNews.info : Kapolsek Candisari, Polrestabes Semarang, Iptu Handri Kristanto mengimbau masyarakat di wilayah Kecamatan Candisari untuk meningkatkan kewaspadaan jelang hari Raya Idul Fitri 2023.

Dikatakan Handri, untuk wilayah Kecamatan Candisari menurutnya masih terpantau landai meski terdapat peningkatan laporan gangguan kamtibmas di beberapa wilayah, antara lain pencurian, penipuan dan aksi tawuran dengan sarana sarung di bulan Ramadhan.

Untuk itu, Handri mengimbau warga tetap waspada dalam menyambut datangnya hari Raya Idul Fitri dengan meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing sebelum meninggalkan rumah saat ditinggal mudik.

Dalam hal ini, Kapolsek mengingatkan kepada warga yang akan melakukan mudik untuk tetap melakukan pengamanan rumah masing-masing sebelum mudik.

“Tetap waspada bagi yang mudik meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, karena saat ini ada peningkatan kejadian yang terjadi di Kota Semarang. Jangan sampai nanti saat ditinggal mudik terjadi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan,” pesan Kapolsek.

Terkait pengamanan takbir keliling, pihaknya menunggu koordinasi dari atasan. Dikatakan Kapolsek, Forkopimda Semarang merujuk peraturan Kementerian Agama terkait petunjuk teknis pelaksanaan takbir keliling belum ada perubahan atau dicabut.

“Nanti menunggu koordinasi Wali Kota Semarang dengan kepolisian terkait takbir keliling ini, karena belum ada petunjuk lebih lanjut. Kita menunggu saja sesuai Perwal, apakah takbir keliling diperbolehkan apa tidak, karena kita kan sifatnya pengamanan saja,” ucap Handri Kristanto ditengah persiapan pengamanan aksi unjuk rasa elemen mahasiswa menolak UU Cipta Kerja yang berkumpul di TBRS (Taman Budaya Raden Saleh) Jl. Sriwijaya, Semarang, Kamis (13/4/2023).

Jikalaupun ada takbir keliling, dipastikan tidak akan sampai mengganggu lalu lintas di jalan protokol, apalagi sampai menimbulkan kemacetan.

“Kalau takbir keliling di kampung-kampung saya kira tidak masalah,” imbuh Kapolsek.

Adapun untuk pengamanan jalur mudik, wilayah Kecamatan Candisari tidak ada Pospam khusus jalur mudik, namun hanya bersifat monitoring dalam pelaksanaan pengamanan sebelum dan sesudah lebaran. (had).

Related Articles

Back to top button