HeadlineJatim

Ayahanda Walikota Surabaya Eri Cahyadi Berpulang, Gubernur Khofifah Sampaikan Duka Cita Mendalam

SURABAYA – HKNews.info : Mendengar kabar duka atas wafatnya H. Urip Suwondo ayahanda Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung melakukan takziyah untuk menyampaikan duka cita mendalam. Gubernur Khofifah tiba di rumah duka tepat pukul 08.40 WIB.

“Innalilahi Wa innailaihi Raji’uun, hari ini bersama-sama kita ikhlas mengantarkan kepulangan Bapak Haji Urip Suwondo kehadirat sang Kholiq Allah Subhanahu wa ta’ala,” Kata Gubernur Khofifah saat melakukan Takziyah di rumah duka.

Sebagaimana diketahui, H. Urip Suwondo meninggal pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 pukul 00.15 WIB. Almarhum meninggal pada usia 77 tahun dan disemayamkan di rumah duka di daerah Ketintang Madya III Surabaya. Jenazah dimakamkan di TPU Tembok Dukuh Surabaya.
Orang nomor satu di Jawa Timur ini pun mendoakan agar semua amal ibadah almarhum diterima oleh Allah dan wafat dan kondisi husnul khotimah. Segala kehilafan almarhum diampuni Allah serta diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu, kami mendoakan semoga segala amal ibadah Bapak H. Urip Suwondo semasa hidup diterima Allah, segala kekhilafannya diampuni Allah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah,” ucapnya.

“Ya Ayyatuhan Nafsul Mutmainnah Irji’i Ila Rabbiki radhiyatam mardhiyah fadkhuli fi ‘ibadi wadkhuli jannati, semoga Bapak Urip Suwondo dipanggil dalam keadaan tenang, beliau dipersatukan dengan hamba-hamba yang disayangi Allah, dipersatukan dengan hamba-hamba yang diridhoi Allah dan beliau akan bersama hamba-hamba yang disayang Allah, masuk surganya Allah. Amiiin,” doanya.
Dalam pernyataannya, gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mendoakan agar Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan keluarga diberikan ketabahan, kekuatan dan keikhlasan menghadapi ujian ini.

“Semoga Pak Eri Cahyadi dan keluarga diberikan ketabahan, kekuatan dan keikhlasan melepas berpulangnya bapak H. Urip Suwondo ke Rahmatullah, Insya Allah beliau husnul khatimah,” tuturnya.
Tak hanya itu, Gubernur Khofifah juga turut membacakan tahlil dan doa secara langsung dihadapan jenazah Almarhum Bapak H. Urip Suwondo sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum.
“Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu,” ucapnya.

“Bukakan pintu-pintu ampunanMu untuk Bapak Haji Urip Suwondo, dan Bukakan pintu – pintu surgaMu ya Allah untuk bapak haji Urip Suwondo,” imbuhnya.
Gubernur Khofifah juga bertanya kepada seluruh pentakziyah untuk memberikan kesaksian untuk almarhum.

” Ya Allah, yang hadir ini semua memberikan kesaksian bahwa Haji Urip Suwondo adalah orang baik maka Terimalah kebaikan-kebaikan beliau Ya Allah dan berikan tempat Mulia disisi Mu ya Allah,” katanya.

Sedianya Gubernur Khofifah akan melaksanakan ground breaking pembangunan di UIN Maulana Malik Ibrahim III di Batu. Namun Ia memutuskan bertakziyah untuk menyampaikan duka cita mendalam secara langsung kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Sementara itu, Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pentakziyah yang hadir untuk mendoakan ayahandanya. Ia berharap seluruh pentakziyah berkenan memberikan maaf atas kesalahan ayahandanya.

“Saya mewakili keluarga mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh pentakziyah yang meluangkan waktu untuk datang ke rumah kami mendoakan ayah kami Abah kami, Urip Suwondo, kami mewakili Abah kami memohon maaf kepada panjenengan semua jikalau selama masa hidup beliau ada khilaf, salah, yang sengaja atau tidak sengaja, saya mohon tolong dimaafkan Abah saya,” ucap Eri Cahyadi.

Nampak hadir bertakziyah dan menyampaikan duka cita secara langsung Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.(HmsJtm/Red)

Related Articles

Back to top button