Headline

Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si : “Hikmah Idul Qurban Di Bumi Pancasila !”

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, saat menjadi khatib.

SEMARANG – HKNews.info : Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, mengajak seluruh jamaah untuk mengambil hikmah Idul Qurban ini diterapkan di bumi Pancasila.

Hal itu disampaikan Irjen Pol. Rycko saat menjadi khatib pada shalat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Minggu (11/8) pagi. Bertindak sebagai imam adalah KH Zaenuri Ahmad Al Hafidz.

Dengan tema “Hikmah Ibadah Qurban dan Dinamika Sosial di Bumi Pancasila”, Kapolda Irjen Dr. H. Rycko menerangkan, bahwa hikmahnya itu adalah keteladanan dari Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan ibunda Siti Hadjar berupa kepatuhan tanpa batas kepada Allah SWT, kedisiplinan kerelaan dan juga keberanian termasuk berbagi pemerataan dan juga musyawarah. “Hikmah itu berkaitan erat dengan Pancasila kita,” tuturnya.

Menjadi khatib shalat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah

Oleh karena itu, masyarakat harus selalu berpedoman pada Pancasila dan menjaga kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). “Marilah kita mengambil hikmah dari Idul Qurban ini yang selaras dengan Pancasila untuk tetap mencintai Negara Republik Indonesia, menjaga keutuhan NKRI, jaga Pancasilanya, jaga Bhineka Tunggal Ikanya,” pesan Kapolda Jateng.

Usai Sholat dan Khotbah, Kapolda Jateng menyerahkan seekor sapi kepada panitia kurban Masjid Agung Jawa Tengah untuk disembelih. Sapi tersebut berjenis limosin berwarna coklat seberat 1 ton diterima langsung oleh Ketua Dewan Pelaksana Pengelola Masjid Agung, Noor Ahmad.

Ada 12 kambing dan 2 sapi yang dikurbankan di MAJT. Selain Kapolda Jateng, hadir juga Sekda Jateng Sri Puryono yang juga ikut menyumbangkan sapi kurban di Masjid Agung Jawa Tengah.(had).

Related Articles

Back to top button