HKsiana

Kadarlusman : “Saatnya Pulihkan Ekonomi dan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 !”

SEMARANG – HKNews.info : Proses panjang penanganan pandemi Covid-19 di Kota Semarang hampir setahun berlalu. Masih banyak persoalan yang menjadi tugas pemerintah dan masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 ini agar bisa segera berlalu dan kembali normal.

Penanganan pandemi Covid-19 untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi menjadi pembahasan pada acara dialog bersama DPRD Kota Semarang dengan topik Gotong Royong Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi yang diselenggarakan di Petra Ballroom Hotel Noormans Jl. Teuku Umar Semarang, Rabu (3/3/2021).

Hadir menjadi narasumber, Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, Sekda Kota Semarang Iswar Aminudin, Gunarto W. Taslim dari LPPLP Semarang dan dipandu host Prast.

Menurut Pilus sapaan akrab Kadarlusman, Wali Kota Semarang cukup berhasil dalam upaya penanganan pendemi Covid-19 yang menerapkan cara yang berbeda dengan kabupaten/kota lainnya.

“Wali Kota Semarang dengan sangat bijak menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk berdaya ditengah pandemi Covid-19 ini. Namun tetap mematuhi aturan protokol kesehatan ketat,” ujar Pilus kepada wartawan usai dialog.

Pilus menilai bahwa dengan adanya Satgas Covid ditingkat kota, kecamatan hingga kelurahan sudah bisa merubah perilaku masyarakat. Terbukti dengan kesadaran prilaku masyarakat dalam penggunaan masker yang sudah menjadi kebutuhan sehingga apabila belum memakai masker seolah ada yang ganjil yang dirasakan.

Adapun upaya yang harus dilakukan dalam memulihkan ekonomi ditengah pendemi Covid-19 yang hingga kapan akan berakhir, menurut Pilus harus tetap mengingatkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Karena sampai kapan Covid ini akan selesai juga belum tau, maka upaya kita harus selalu mengingatkan dan mensosialisasikan protokol kesehatan sambil menunggu vaksin. Karena dengan vaksin keamanannya akan menjadi lebih baik dari yang belum di vaksin,” jelas Pilus.

Masih menurut Pilus, pemberlakuan PPKM skala mikro sudah cukup berhasil sehingga bisa memberikan peluang yang lebih baik dari sebelumnya dan tidak mungkin harus dirumah terus.

“Siapa yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat jika harus selalu dirumah terus, kan nggak bisa. Nah kebijakan Wali Kota sudah sangat pas dengan memberi ruang kepada masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi,” tegas Pilus.(had).

Related Articles

Back to top button