Jateng Raya

Cegah Kecelakaan di Obyek Wisata Perairan, Polres Banjarnegara Gelar Program Ikan Selayar

BANJARNEGARA – HKNews.info – Polres Banjarnegara menggelar program ikan selayar atau ikut andil keselamatan berlayar di wisata perairan Sekong Wanadadi Kabupaten Banjarnegara, Rabu (8/3/2023).

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH mengatakan, program Ikan Selayar atau ikut andil keselamatan berlayar merupakan salah satu program kegiatan Polda Jateng guna mencegah dan meminimalisir kejadian laka laut atau air di obyek wisata perairan danau, waduk, bendungan, sungai, pesisir laut.

“Program sebagai bentuk keprihatinan atas terjadinya musibah laka laut atau air,” katanya saat memberikan sambutan.

Menurut dia, salah satu penyebab kejadian laka air salah satunya yakni kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas di perairan.

“Menaikkan penumpang wisatawan melebihi daya tampung perahu wisata, para penumpang tidak menggunakan alat keselamatan diri (life jacket) saat menaiki perahu wisata, nakhoda atau pengemudi perahu masih dibawah umur serta tidak mempunyai kompetensi di bidangnya,” ujar dia.

Pada saat kegiatan, lanjut dia, pihaknya membagikan life jacket kepada masyarakat perairan, sebagai upaya untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan di wilayah perairan.

“Serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan adalah sudah menjadi standar operasional prosedur serta menjadikan budaya keselamatan aktivitas di wisata perairan menjadi budaya kita semua,” kata dia.

Keselamatan dalam kegiatan di perairan, sambung Kapolres, khususnya kegiatan wisata perairan merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama baik dari pemangku kebijakan, operator atau pelaku jasa wisata perairan serta termasuk para pengunjung wisata sendiri.

“Semua perlu memahami pentingnya keselamatan dalam aktivitas wisata perairan dan menjadikannya sebagai kebutuhan khususnya pelaksanaan pemenuhan aspek dalam keselamatan,” pungkasnya.

Terjaminnya keselamatan dan kenyamanan dalam aktivitas wisata perairan akan memberikan pandangan positif bagi wisatawan.

“Hal ini akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata perairan, secara bersamaan perekonomian masyarakat akan meningkat, maka program nasional pemulihan ekonomi disektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 akan tercapai,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Polres Banjarnegara juga memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat sekitar waduk dan nelayan, serta penyerahan jaket keselamatan, sembako dan bibit ikan. (had).

Related Articles

Back to top button