Jateng Raya

Gebyar Vaksinasi Ramadhan Kelurahan Kaliwiru Sasar Jamaah Taraweh

SEMARANG – HKNews.info – Percepatan vaksinasi di bulan Ramadhan, Kelurahan Kaliwiru, Kecamatan Candisari, Kota Semarang melaksanakan vaksinasi massal dengan sasaran warga yang melaksanakan sholat Taraweh di masjid.

Vaksinasi dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas Kagok dan menyediakan dua jenis vaksin, Pfiser dan astrazeneca untuk vaksin 1, 2 dan 3 (booster).

Lurah Kaliwiru, Budiyanto, SE saat ditemui di lokasi vaksin mengatakan, untuk mengejar targed vaksinasi 1, 2 dan 3 atau booster di bulan suci Ramadhan ini, pihaknya memanfaatkan masjid untuk menggelar vaksinasi kepada warga sekitar setelah usai melaksanakan sholat Taraweh.

“Targed Kelurahan Kaliwiru untuk vaksin satu dan dua sudah sama dengan targed Kota Semarang, 95 persen. Sedangkan vaksin ketiga atau booster baru sekitar 70-an persen,” ucap Budi, di lokasi vaksinasi Masjid Raya Candi Lama Jl. Dr. Wahidin 109 Semarang, Rabu (13/4/2022) malam.

Terhambatnya targed vaksin booster yang masih di kisaran 70 persen ini dituturkan Budi, karena banyak warga di Kelurahan Kaliwiru yang vaksin pertama dan keduanya menggunakan jenis vaksin Moderna.

Sedangkan ketersediaan jenis Moderna saat ini mengalami kelangkaan

“Jadi begitu ada warga yang datang, tidak ada Moderna ya balik kanan ndak jadi,” tuturnya.

Percepatan vaksinasi bekerjasama dengan Puskesmas Kagok dengan memanfaatkan jamaah sholat Taraweh ini dikatakan Budi telah dilaksanakan seminggu yang lalu.

“Yang pertama di Masjid Kaliwiru dengan targed vaksinasi 50 dapat terlaksana 48. Kalo hari ini di Masjid Raya Candi Lama dari targed 50 dapat terlampaui hingga 75 vaksin,” kata Budi.

Untuk selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Puskesmas Kagok agar capaian targed vaksinasi booster dapat terpenuhi dengan jemput bola.

Budi berharap dengan dilonggarkannya aturan mudik dengan syarat sudah vaksin ketiga atau booster ini, warga segera melaksanakan vaksin booster agar momen pulang kampung nyaman, terhindar dari Covid-19 dan tetap melaksanakan prokes, sesuai anjuran pemerintah.

Ditempat sama, Wakil Ketua Takmir Masjid Raya Candi Lama Ustadz Sarmadi, S.Ag. M.Ag, mengatakan, Takmir Masjid Raya Candi Lama selalu mengikuti perkembangan apa yang di inginkan pemerintah, dan peduli dengan program pemerintah dalam percepatan vaksinasi bagi warga.

“Kita fasilitasi tempat, itulah bentuk kepedulian masjid terhadap pemerintah,” ucap Sarmadi.

Sarmadi berharap bisa terjalin kerjasama yang baik antara takmir dengan pemerintah setempat untuk menjadi lebih baik dan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar.

Kapolsek Candisari Iptu Handri Kristanto, SH, MH, melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Kaliwiru, Aiptu Sujarwo mengatakan, untuk vaksinasi dalam Gebyar Ramadhan di masjid yang ada di Kelurahan Kaliwiru, masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi ketiga atau booster.

“Dua masjid yang telah melaksanakan vaksinasi di gebyar Ramadhan ini, dan malam ini dari targed 50 orang dapat tercapai 75 orang mengikuti vaksin di Masjid Raya Candi Lama,” ucap Jarwo.

Kedepan, pihaknya akan memacu warga agar tetap semangat untuk mengikuti vaksin ketiga atau booster agar kegiatan di bulan Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan lancar.

“Bersama tiga pilar, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Nakes Puskesmas Kagok akan kita kejar terus selama bulan Ramadhan, agar targed vaksinasi booster di Kelurahan Kaliwiru dapat terpenuhi dan Covid-19 segera berakhir,” pungkas Jarwo. (had).

Related Articles

Back to top button