Jateng Raya

Relawan Pertiwi Bersama Tia Hendi Bagi – Bagi Sembako di Kampung Pengasapan Ikan, Semarang. 

SEMARANG – HKNews.info – Krisseptiana Hendrar Prihadi (Tia Hendi) bersama Relawan Pertiwi “Tilik Kampung” di kawasan pengasapan ikan di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang Sabtu (20/11/2021)

Tilik kampung pengasapan ikan itu merupakan program bantuan sosial kepada para pekerja di tempat pengasapan yang kebanyakan perempuan.

Menurut Tia Hendi, dalam kegiatan tersebut, dibagikan bantuan paket sembako sebanyak 280 paket untuk 28 tempat pengasapan dan masyarakat sekitar. Yang bertujuan untuk dapat meringankan beban ekonomi para pekerja di pengasapan tersebut.

“Ya karena ini masih pandemi. Ya tujuannya sebagai ‘tanda tresna’ dari teman-teman Pertiwi Kota Semarang. Mudah-mudahan dengan bantuan dari Relawan Pertiwi ini, dapat meringankan seluruh pekerja yang ada di pengasapan ikan ini,” jelas penasehat Relawan Pertiwi Kota Semarang usai peninjauan di tempat pengasapan ikan didampingi oleh Mia Sudarso, Ketua Pertiwi Kota Semarang.

Dalam penyaluran bantuan sosial tersebut, lanjutnya, Pertiwi bekerja sama dengan Bank BNI dan PT Sasa Inti.

Pemasaran atau pesanan ikan asap yang ada berlokasi di kampung Tambak Bandarharjo Jalan Lodan Raya Bandarharjo tersebut, pemesannya hingga Makasar dan Papua.

“Dari pengalaman mas. Untuk pemasaran yang online bisa kirim sampai Makasar dan Papua. Kalau produksi, tiap juragan ikan asap rata-rata per hari 8 hingga 10 ton mas,” jelas Sudarmo, Ketua Pedagang Ikan Asap di Kampung Pengasapan Ikan, Tambak Bandarharjo Kota Semarang.

Hal itu, lanjutnya, merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pedagang yang di wujudkan melalui beberapa pelatihan, kunjungan-kunjungan dan pameran-pameran.

“Ya kalau pemerintahan kelurahan sangat mendukung sekali mas. Melalui pelatihan hingga pameran. Kita juga kerap masuk mall,” tandas Sudarmo.

Sedang untuk kendala, menurut Sudarmo, terjadi kendala pada bahan baku dan bahan bakar yang mulai agak kesulitan untuk memenuhi produksi pesanan. (had/absa).

Related Articles

Back to top button