Jateng Raya

Pasopati, Terobosan Kreatif Kapolres Pati – Polda Jateng

PATI – HKNews.info : Kapolres Pati Polda Jawa Tengah, AKBP Christian Tobing, SIK, MH, M.Si, CPHR, secara resmi menutup kegiatan pelatihan Timsus Pasopati Samapta Polres Pati di lapangan Mako Subden IV Den Por A Brimob Polres Pati Polda Jateng, Kamis (2/9/2021).

Pelatihan Timsus pasukan penjaga kamtibmas dan kondusifitas Pati (Pasopati) yang telah dilaksanakan selama 10 hari dimulai pada (24/8) dilatarbelakangi meningkatnya kasus kejahatan di wilayah Kabupaten Pati yang semakin komplek khususnya kejahatan konvensional dan transaksional crime serta kejahatan yang berimplikasi kontijensi sehingga diperlukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam menangani permasalahan tersebut khususnya kamtibmas yang ada di wilayah Pati.

“Jadi, saya sabagai Kapolres Pati membentuk tim khusus guna menjaga kamtibmas dan kondusifitas Pati (Pasopati) yang anggotanya dari Sat Samapta Polres Pati yang ditingkatkan skill kemampuannya melalui pelatihan yang dikerjasamakan dengan Kompi Brimob Pati untuk ditingkatkan kemampuannya dalam penanganan aksi unjuk rasa, rusuh massa maupun penanganan harkamtibmas lainnya, yaitu patroli dan operasi multi sasaran, termasuk upaya preventif dan represif,” jelas Christian Tobing dikantornya saat ditemui awak media, Kamis (2/9/2021) usai penutupan pelatihan Pasopati.

Adapun keanggotaan dari timsus Pasopati ini menurut mantan Kapolres Wonogiri berjumlah 50 anggota yang dipilih dan hanya diambil dari Sat Samapta Polres Pati.

Lebih lanjut Christian menjelaskan output dari tim Pasopati ini harapannya dapat meningkatkan kegiatan kepolisian guna menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Pati tetap kondusif melalui upaya preemtif, preventif termasuk upaya pencegahan penyebaran mata rantai Covid-19 dengan melakukan operasi yustisi, himbauan dan sosialisasi penegakkan protokol kesehatan termasuk juga upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka membangun menuju zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK).

Terkait dengan kejadian kejahatan konvensional, Kapolres Pati berupaya secara terus menerus melakukan upaya pencegahan dan sosialisasi himbauan-himbauan kepada masyarakat dalam rangka menjaga kamtibmas termasuk upaya represif pengungkapan kasus serta penyelesaian perkara-perkara yang dilaporkan oleh masyarakat.

Inovasi dan terobosan kreatif Kapolres Pati dalam membentuk tim Pasopati ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan memberikan persepsi positif dari masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di lapangan.

“Jadi ini merupakan peningkatan SDM yang nanti harapannya atau outputnya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Kapolres. (had).

Related Articles

Back to top button