Halo Surabaya

Di HUT Ke-77 Bhayangkara, Wali Kota Eri Cahyadi Terima Dua Penghargaan dari Kepolisian

SURABAYA – HKNews.info : Di momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendapat dua penghargaan dari Kepolisian. Kedua penghargaan ini diberikan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina di Lobby Lantai 2 Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/7/2023).

Penghargaan tersebut diberikan atas dukungan dan kerjasama Wali Kota Eri Cahyadi dalam menciptakan situasi kondusif di wilayah hukum Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada Kapolrestabes Surabaya dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak atas pemberian penghargaan tersebut. Ia memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan terus berupaya menunjang, mendukung, berkolaborasi, dan bersinergi dengan kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh warga Kota Pahlawan.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak, sehingga penghargaan ini menjadi pelecut Pemkot Surabaya untuk saling bersinergi,” kata Wali Kota Eri Cahyadi usai menerima penghargaan.

Selain itu, Wali Kota Eri juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran kepolisian karena telah membentuk Polisi RW dan menghidupkan kembali Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan). Menurutnya, metode tersebut sejalan dengan visi-misinya yang bertekad membangun pola pikir warga Surabaya untuk saling menjaga dan peduli antar sesama.

“Kalau sudah terbentuk mindset (pola pikir) ini, maka memberikan pembelajaran, menguatkan kekuatan dengan ideologi Pancasila dapat menjaga masing-masing kampung di setiap RT. Contoh kebersamaan dalam menghilangkan kemiskinan, harus ada kesadaran dan kepedulian antar warga dalam satu kampung itu, maka saling melihat,” terangnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, Polrestabes Surabaya bersama Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengadakan kegiatan upacara di halaman Balai Kota Surabaya.

Kegiatan upacara ini kemudian yang dilanjutkan dengan tasyakuran dan memberikan penghargaan kepada Wali Kota Eri Cahyadi di Lobby Lantai 2 Balai Kota Surabaya. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Forkopimda Surabaya, dan peran aktif masyarakat dalam menciptakan situasi kondusif.

“Itu sebagai bentuk apresiasi kami dari kepolisian kepada Pemkot Surabaya, TNI, dan kepada masyarakat yang selama ini sudah berdedikasi membantu dan mendukung tugas-tugas kami di Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kombes Pol Pasma Royce.

Karenanya, Kombes Pol Pasma Royce berharap, pada momen peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, melalui pemberian apresiasi tersebut dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi bersama pemkot dan Forkopimda Surabaya dalam menghadapi dinamika kegiatan masyarakat ke depan.

“Kami terus bersinergi dengan Pemkot Surabaya, TNI, serta seluruh elemen masyarakat lainnya. Seperti di tingkat RW terus kita tingkatkan menjadi satu kekuatan sehingga Polri terus hadir dan dirasakan dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berkomitmen dalam mengungkap kasus kejahatan tindak pidana dan kriminalitas. Untuk itu, ia memastikan akan terus mengoptimalkan langkah pencegahan agar kejadian tersebut tidak terjadi maupun terulang, sehingga tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

Sejumlah upaya pencegahan itu, dilakukan melalui patroli operasi kejahatan pada malam hari, serta melakukan sambang kepada masyarakat untuk memberikan edukasi agar mereka memahami keamanan dan menjadi bagian dari keamanan di lingkungan masing-masing.

“Siskamling dan Polisi RW menjadi salah satu upaya kita untuk melakukan pencegahan. Supaya masyarakat tidak menjadi korban, serta pelaku kejahatan juga tidak melakukan aksinya. Terbentuknya Polisi RW oleh Polrestabes Surabaya dengan Polres Tanjung Perak, saat ini terdapat 1.340 Polisi RW se-Surabaya,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, seusai melakukan kegiatan upacara peringatan HUT ke-77 Bhayangkara, Wali Kota Eri Cahyadi bersama Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina, dan jajaran Forkopimda Surabaya meninjau launching satu unit mobil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Kendaraan tersebut merupakan satu-satunya mobil tercanggih di wilayah Kepolisian Jawa Timur. Bahkan, mobil ini juga didukung dengan teknologi seperti bodycam dan peralatan lainnya untuk memaksimalkan penyelesaian kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Selanjutnya, Wali Kota Eri Cahyadi bersama Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Herlina, dan jajaran Forkopimda Surabaya memberangkatkan Patroli Perintis dari Satlantas Polrestabes Surabaya, serta Patroli Presisi Samapta Polrestabes Surabaya.

Penghargaan lainnya turut diberikan kepada Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto karena telah berperan aktif dalam membantu menciptakan situasi kondusif dengan melakukan kegiatan patroli gabungan rutin di wilayah Kota Surabaya. (yok)

Related Articles

Back to top button