Jateng Raya

Panggilan Sosial, Bhabinkamtibmas Mandikan dan Cukur ODGJ di Solo

SOLO – HKNews.info : Apapun pekerjaan itu jika dijalani dengan ikhlas dan senang untuk menolong orang lain maka selalu mudah walau harus berhubungan dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Walaupun sebagian banyak orang takut dan tidak mau untuk mendekat apalagi berinteraksi dengan ODGJ tersebut.

Namun tidak bagi Bhabinkamtibmas Kampung Baru Polsek Pasar Kliwon Polresta Surakarta, Bripka Agus Margono malah dengan ihlas memberikan bantuan makanan sekaligus menyuapinya serta memotong rambut, memandikannya dan memberikan pakaian yang layak pakai kepada ODGJ di Jalan Arifin Solo, Kamis (26/1/2023).

Berbekal gunting cukur, sikat dan shampo tanpa ragu Bripka Agus memandikannya. Setelah bersih ia berikan pakaian layak dan memberikan makan sekaligus menyuapinya.

“Sekedar panggilan sosial, ketika mereka kita perlakukan layak bukan tidak mungkin mereka bisa kembali hidup normal,” kata Bripka Agus.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK. MH. MSi melalui Kapolsek Pasar Kliwon AKP Marwanto,SH mengatakan penderita gangguan jiwa layaknya orang normal juga memiliki hak yang sama.

“Mereka berhak mendapat kehidupan layak, dan apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kampung Baru mungkin tidak memberikan banyak perubahan namun minimal dengan kegiatan tersebut bisa sedikit membantu mereka dan memberikan contoh bagi masyarakat lain,” ucap AKP Marwanto.

“Sekali lagi saya berikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas Kampung Baru, yang telah melakukan tindakan kebaikan bagi ODGJ yang punya keterbatasan dan aksi yang Dia lakukan sudah merupakan menjadi tugas sebagai abdi negara,” pungkasnya. (hdi).

Related Articles

Back to top button