Halo Surabaya

Hadiri Acara Sedekah Bumi Ngagelrejo Surabaya, Wali Kota Eri Pesan Jaga Persatuan di Tahun Politik 

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menghadiri acara sedekah bumi di Kampung RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Sabtu (26/8/2023) sore. Sedekah bumi digelar oleh warga setempat sebagai wujud syukur sekaligus menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Wali Kota Eri Cahyadi hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani. Para asisten dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga nampak hadir dalam acara tersebut.

Acara sedekah bumi yang dimulai sekitar pukul 15.30 WIB tersebut, diikuti seluruh warga mulai dari RT 01 hingga 09, RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Surabaya. Sebelum acara dimulai, warga mengikuti kirab dengan cara berkeliling kampung. Berbagai macam hasil bumi yang ditata seperti gunungan, pun turut diarak dalam momen tersebut.

“Alhamdulillah saya bahagia betul, pada hari ini ada acara bersih desa. Bersih desa ini ada yang menggelar wayangan, ada yang menggelar pengajian. Tetapi acara bersih desa ini jangan pernah dihilangkan,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurutnya, acara bersih desa merupakan sebuah peringatan. Dimana acara bersih desa tersebut digelar warga sebagai bentuk penghormatan kepada para pendiri atau pemrakarsa desa.

“Kalau memperingati berarti apa? kita menghormati yang bahurekso (pemrakarsa) desa. Maka kita harus tahu perjuangan yang dilakukan oleh bahurekso desa tujuannya apa. Ini yang harus kita pegang pada waktu bersih desa,” ujarnya.

Karenanya, Wali Kota Eri pun meminta agar acara sedekah bumi di Kampung RW X Ngagelrejo Surabaya bisa terus dilestarikan. Ia juga bersyukur, warga di kampung tersebut, nampak guyub dan rukun.

“Semoga guyub rukun ini bisa dicontoh oleh RW-RW yang lainnya. Semoga sedekah bumi ini juga bisa dilakukan setiap tahun untuk menjaga silaturahmi dan Ukhuwah Basyariyah,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Eri juga mengingatkan warga bahwa saat ini telah memasuki tahun politik. Menghadapi tahun politik, warga diminta agar tetap menjaga guyub rukun dan persatuan.

“Beda pilihan adalah hal biasa. Tapi jangan sampai saling memaki, tidak perlu saling memfitnah. Jadi jangan sampai warga bertengkar karena beda pilihan, karena itu tolong dijaga,” pesan Cak Eri, sapaan lekat Wali Kota Surabaya.

Selain acara sedekah bumi, dalam kesempatan ini, Cak Eri bersama Bunda Rini dan jajaran Pemkot Surabaya, sekaligus meresmikan Balai RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo.

Balai RW X yang berlokasi di Jalan Ngagel Dadi I, Surabaya tersebut, ke depan akan digunakan sebagai pusat kegiatan aktivitas masyarakat setempat. Mulai dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), Program Sinau dan Ngaji Bareng, hingga pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Balai RW. (yok)

Related Articles

Back to top button