Halo Surabaya

Semarak Harkopnas ke-76, Wali Kota Eri Cahyadi Ajak Koperasi Entas Kemiskinan

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar sejumlah rangkaian acara dalam menyemarakkan puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 tahun 2023. Puncak Harkopnas di Kota Pahlawan ini dipusatkan di halaman Balai Kota Surabaya, Sabtu (22/7/2023).

Sejumlah rangkaian acara itu, terdiri dari jalan sehat, senam, bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga pemberian penghargaan kepada 14 koperasi berprestasi. Tak lupa, sejumlah hiburan juga disuguhkan dalam puncak Harkopnas di Balai Kota Surabaya. Di antaranya, kesenian tarian, band, angklung hingga musik jalanan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani hadir dalam puncak peringatan Harkopnas tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri Forkopimda dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya.

“Seperti kita ketahui bahwa pergerakan ekonomi itu didasari dengan UMKM yang ada di koperasi. Kalau koperasi ini hadir terus, kalau koperasi ini memberikan yang terbaik, maka perekonomian yang bergerak di Surabaya akan jauh lebih baik dari pada hari ini,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Karenanya, Wali Kota Eri mengucapkan selamat kepada seluruh koperasi berprestasi di Surabaya yang telah menerima penghargaan dan apresiasi. Menurutnya, hal ini menunjukkan jika koperasi tidak boleh berhenti, tetapi harus terus bergerak membuat inovasi yang terbaik.

“Karena kekuatan ekonomi Surabaya ini ada di tangan koperasi. Matur nuwun (terima kasih) untuk seluruh koperasi yang ada di Kota Surabaya. Tetap semangat, tetap terus bergerak untuk kepentingan umat yang lebih besar lagi di Kota Surabaya,” ujarnya.

Di samping itu, ia juga mengharapkan pada tahun depan, koperasi di Kota Surabaya anggotanya dapat semakin banyak. Lebih dari itu, koperasi diharapkannya pula dapat semakin memakmurkan masyarakat di Surabaya dengan pergerakannya.

“Mungkin ke depan, Kepala Dinas Koperasi bisa disinergikan dengan kegiatan-kegiatan Pemkot Surabaya, untuk bergerak mengentas kemiskinan. Kalau itu bisa dilakukan sinergi dengan koperasi, saya yakin, kemiskinan, pengangguran di Kota Surabaya itu bisa diatasi,” tuturnya.

Wali Kota Eri lantas mencontohkan bentuk sinergi yang bisa dilakukan Pemkot Surabaya dengan koperasi. Misalnya, dalam pembuatan sepatu, pemkot langsung menjalin kerjasama dengan pihak koperasi dan bukan pengusaha atau pembuatnya.

“Saya yakin ketika itu bisa dilakukan, maka secara otomatis pengurangan pengangguran, pengurangan kemiskinan bisa dilakukan di Kota Surabaya. Matur nuwun (terima kasih), sukses selalu untuk koperasi yang ada di Surabaya. Selamat Hari Koperasi Nasional tahun 2023,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati menyampaikan, Harkopnas di tahun 2023 ini mengusung tagline ‘Bangga Berkoperasi Indonesia Maju’.

“Rangkaian puncak acara dilaksanakan dengan jalan sehat, bazar UMKM, yang diikuti 34 koperasi dan 6 PD dari Pemkot Surabaya. Serta penyerahan penghargaan kepada 14 koperasi terbaik,” kata Dewi Soeriyawati.

Dewi juga menyebutkan, bahwa ke-14 koperasi terbaik yang menerima penghargaan tersebut, sebelumnya telah melalui tahapan penilaian. Tahapan penilaian itu diikuti sebanyak 2.005 koperasi yang ada di Kota Pahlawan.

“Dimana penilaian berdasarkan predikat sehat dan cukup sehat, dan terpilih 150 koperasi. Untuk selanjutnya, penilaian terakhir, dengan penilaian kompetensi terhadap pengurus terpilih 14 koperasi,” tandasnya. (yok)

 

Related Articles

Back to top button