Jateng Raya

Satpol PP Kota Semarang Bongkar 15 Lapak PKL di Ngaliyan dan Mijen

SEMARANG – HKNews.info – Satpol PP Kota Semarang tertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Ngaliyan hingga Pasar Ace, Mijen dengan merobohkan 15 lapak PKL yang menempati lahan secara liar, Senin (21/3/2022).

Perobohan dilakukan dalam rangka jelang gelaran Konferensi Kota Sehat yang akan diselenggarakan di Semarang beberapa hari mendatang.

Pembongkaran yang dilakukan Satpol PP pada pagi hari ini belum banyak pedagang yang membuka lapaknya, hanya beberapa pedagang saja yang sudah menggelar dagangannya. Namun tak luput dari sasaran perobohan anggota Pol PP dengan menggunakan alat berat beghoe.

Lima belas lapak PKL yang dirobohkan antara lain di Jalan Prof Hamka, Jalan RM Hadi Soebeno hingga Pasar Ace, Kecamatan Mijen.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pembongkaran yang dilakukan pihaknya dalam rangka menyambut acara besar Summit Kota Sehat yang akan diikuti oleh berbagai pemerintah daerah.

“Semua harus tertib dan punya ijin kalau berdagang. Kebetulan sebentar lagi ada gelaran Summit Kota Sehat, lapak liar kita tertibkan agar Kota Semarang labih bagus. Pedagang harus sadar jangan menempati tempat yang bukan haknya,” kata Fajar.

Selain akan adanya gelaran Summit Kota Sehat tersebut, penertiban khusus lapak pedagang ini dilakukan juga adanya rencana proyek pelebaran jalan di sepanjang Kecamatan Mijen.

“Ini kan Dinas Pekerjaan Umum ada proyek pelebaran jalan. Kemudian tanggal 27 sampai 30 Maret ada Summit Kota Sehat, dimana salah satu acaranya di Mijen. Maka kita tertibkan lapak liar,” jelasnya.

Fajar menghimbau kepada pedagang dan masyarakat agar tidak berdagang secara liar.

“Kita akan terus keliling sidak pedagang liar. Kalau ada, kita tertibkan dan barang-barang akan kita angkut,” tegasnya. (had).

Related Articles

Back to top button