Jateng Raya

Satpol PP Kota Semarang Bersama Dharma Wanita Persatuan, Gelar Baksos Bagi Warga Terdampak

SEMARANG – HKNews.info : Mendengar nama Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) tentu selalu identik dengan razia penertiban pedagang kaki lima (PKL) serta penegakkan perda pelanggaran administrasi. Dalam beberapa bulan terakhir semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia tak terkecuali Indonesia, Satpol PP berada digarda terdepan dalam menegakkan aturan PPKM bersama TNI Polri.

Meski tiap Hari disibukkan dengan operasi atau razia PPKM, namun tak membuat Satpol PP Kota Semarang melupakan kewajibannya sebagai mahluk sosial dengan malakukan bhakti sosial berbagi kasih memberikan bantuan sosial kepada warga di sepanjang Jl. Bugangan (dekat RS Kusuma Pradja), Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Senin (2/8/2021).

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto bersama anggota berjalan kaki dor to dor berkeliling dengan mendorong gerobag berisi sembako yang dibagikan kepada warga dan para pedagang yang ada disepanjang pinggiran jalan raya.

Tak sendiri, anggota Satpol PP barbagi sembako dengan didampingi para istri pejabat Satpol PP yang tergabung dalam wadah Dharma Wanita Persatuan.

Selain sembako para istri pejabat Satpol PP Kota Semarang juga membagikan bantuan dalam bentuk uang yang dimasukkan dalam amplop.

Wakil Ketua Dharma Wanita Persatuan Satpol PP Kota Semarang, Fitri Marthen Da Costa mengatakan bantuan sembako ini adalah wujud jalinan kasih antara Dharma Wanita Persatuan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 dan PPKM.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan semoga ekonomi warga tetap berjalan baik kedepannya,” kata Fitri disela kegiatan baksos.

Fitri berharap pandemi ini bisa segera berakhir agar warga bisa kembali beraktivitas secara normal.

“Bila pandemi berakhir, tentu harapannya kehidupan warga bisa lebih baik lagi kedepannya,” jelasnya.

Terkait pembagian uang dalam amplop, Fitri kepada awak media menjelaskan bahwa hal itu donasi murni dari kantong pribadi Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, SH., MM.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, SH., MM., mengatakan kegiatan baksos yang dilakukan pihaknya sudah berjalan yang keenam kalinya. Dan hal ini sesuai dengan program Satpol PP Peduli Kasih.

“Hari ini kita bagikan 74 paket sembako dan bantuan uang untuk warga yang sepuh agar bisa membantu untuk kebutuhan sehari – hari sesuai kebutuhan warga dan pedagang,” tutur Fajar.

Pembagian sembako itu sengaja digelar di Jl. Bugangan, karena pedagang di wilayah itu hampir sebagian besar pendapatannya terdampak akibat PPKM Darurat.

“Mereka para pedagang sepi pembeli. Maka kita bagikan sembako disini,” ucapnya.

Fajar memastikan kegiatan ini akan berlanjut di wilayah lain seperti di wilayah Kecamatan Mijen dan Kecamatan Gunungpati. Salah satu sasarannya yakni warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Astiyah (56), Salah seorang warga yang berjualan nasi mendapat bantuan awalnya mengaku kaget dengan kedatangan Satpol PP. Ia sempat mengira akan ada razia, dan tak mengira akan mendapat bantuan sembako dan uang.

“Sempat kaget tadi lihat anggota Satpol PP turun dari truk. Tapi ternyata dikasih sembako. Alhamdulilah saya sangat berterimakasih,” ujar Astiyah.

Disampaikan Astiyah selama pandemi dan PPKM Darurat, mayoritas para warga yang berdagang di sepanjang Jl. Bugangaan pendapatannya mengalami penurunan drastis. (had).

Related Articles

Back to top button